Sukses

Parenting

Meninggalkan si Kecil Bersama Pengasuhnya? 5 Hal Ini Wajib Anda Ketahui

Saat ini, banyak orang tua yang bekerja di luar rumah sehingga terpaksa meninggalkan sang anak bersama pengasuhnya. Tetapi meninggalkan anak dengan pengasuh tak sama artinya dengan memasrahkan sepenuhnya tanggung jawab pada pengasuh.

Ada banyak hal penting yang wajib dibekali pada pengasuh anak Anda. Hal-hal ini akan membantu pengasuh anak untuk mengetahui cara-cara terbaik mengatasi masalah saat Anda tak bisa mengawasinya. Apa sajakah hal-hal tersebut?

Nomor Penting

Ini adalah hal yang wajib diketahui oleh pengasuh anak Anda. Nomor penting ini meliputi nomor telepon orang tua, nomor telepon saudara terdekat, nomor telepon dokter anak dan rumah sakit.

Peraturan Rumah

Penting bagi Anda untuk memberi tahu dan menegaskan peraturan rumah yang wajib ditaati oleh pengasuh dan anak Anda. Biasanya anak akan mengambil kesempatan saat orang tua tidak di rumah. Hal ini akan sangat mudah dilanggar jika pengasuh tidak tahu aturan yang berlaku. Anda dapat menuliskannya di tempat yang mudah dijangkau, misalnya pintu kulkas atau ruang bermain anak.

Aturan Yang Harus Ditaati Pengasuh Anda

Banyak orang tua enggan menjelaskan ini pada pengasuhnya karena tak ingin pengasuhnya tak nyaman. Tetapi hal ini sangat perlu dilakukan agar pengasuh mengetahui apa yang Anda harapkan padanya, misalnya tidak gampang ijin pulang kampung kecuali benar-benar mendesak atau pulang malam. Jika pengasuh tidak mengetahui hal ini, akan mudah terjadi singgungan pendapat dengan Anda.

Job Description Yang Jelas

Pekerjaan umum yang dilakukan pengasuh Anak adalah mengutamakan perawatan anak Anda. Boleh saja Anda memintanya untuk membersihkan rumah, tetapi Anda harus memberikan batasan tugas yang jelas padanya agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Komunikasi Dan Kejujuran

Komunikasi yang baik adalah kuncinya. Dengan komunikasi yang baik, pengasuh anak Anda takkan ragu mengatakan hal sebenarnya yang terjadi padanya atau pada anak Anda. Dengan komunikasi yang terbuka, akan membantu Anda untuk merasa lebih tenang meninggalkan anak Anda bersama sang pengasuh.

Hal-hal ini akan membantu Anda dan pengasuh anak untuk dapat saling bekerjasama dengan baik. Apakah Anda punya pengalaman dan tips mengenai pengasuh Anak? Yuk bagikan dalam kolom komentar berikut ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading