Sukses

Parenting

7 Tips Penting Yang Membuat Rumah Tangga Anda Selalu Harmonis

Hidup berumah tangga memang memiliki tanggung jawab tersendiri. Setiap pasangan tidak hanya menyatukan cita-cita mereka, namun juga menyelaraskan visi dan misi dalam berkeluarga. Kebahagiaan menjadi prinsip dan harapan bersama. 

Kebahagiaan itu sendiri adalah dinamika naik turunnya atmosfer dalam berkeluarga. Pasti ada pergesekan dan perdebatan, namun itu adalah kerikil yang bisa menguatkan. Agar Anda tak terjebak pada permasalahan yang menjadi problema tak berujung, coba pikirkan beberapa hal ini.

  • Setiap persoalan dan sukacita sebaiknya dibagi bersama,. Seberat apapun masalahnya, ingatlah satu hal, masalah itu akan berlalu. Asal Anda dan dia juga ada kemauan untuk itu. 
  • Saat Anda dan suami memutuskan untuk punya anak, mereka memang bisa membuat kita merasa stres. Tapi, ingatlah bahwa mereka akan bertumbuh juga. Mereka bukan pemicu masalah Anda. Tugas Anda dan suami adalah menyiapkan dan mendukung potensi mereka. 
  • Tak ada keluarga yang sempurna, yang ada adalah keluarga yang saling menjaga dan peduli satu sama lain. Mungkin rumput tetangga lebih hijau, tapi percayalah bahwa tiap rumah tangga menyimpan bebannya masing-masing. 
  • Ingatlah untuk selalu menjaga emosi dengan TIDAK MENDIAMKAN mereka yang membuat Anda kesal. Meski kadang diam adalah jawaban, tapi dalam keluarga, sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini. 
  • Ungkapkan perasaan Anda pada keluarga. Meski bukan tipikal keluarga yang sentimentil, Anda bisa berkomunikasi dengan mereka lewat makanan favorit atau hal yang mereka sukai. 
  • Timbulkan keceriaan dan kehangatan. Keluarga adalah rumah, tempat ayah, ibu, suami, istri, anak-anak, pulang untuk melepaskan rindu dan merasa dicintai. Bangun atmosfer spiritual juga, agar imbang antara hubungan horisontal dan vertikal. 
  • Jaga kepercayaan dan persatuan satu sama lain. Ini sangat penting untuk mengikat perbedaan dan cinta di antara seisi rumah.

Semoga tips di atas bisa membuat Anda dan keluarga semakin hangat dan harmonis. Saling menerima kekurangan, kelebihan, memaafkan dan peduli bisa membantu memelihara kehangatan keluarga yang kita miliki. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading