Sukses

Parenting

Meletakkan Boneka di Ranjang Bayi, Aman Atau Tidak Ya?

Bunda, seperti apa Anda 'menghias' ranjang bayi Anda? Apakah dengan berbagai boneka, mainan atau membiarkannya kosong hanya dengan bantal dan guling bayi saja?

Sebuah studi yang dipresentasikan di American Congress of Obstetricians and Gynecologists menemukan bahwa sekitar 20 persen orang tua di Amerika masih belum mengetahui cara menempatkan bayi yang benar saat tidur. Dilansir oleh parenting.com, masih banyak orang tua di seluruh dunia yang tak mengetahui risiko sindrom kematian bayi mendadak yang umumnya terjadi saat bayi tidur.

Para peneliti menemukan bahwa 60 persen orang tua di seluruh dunia berpikir bahwa menempatkan barang-barang, misalnya boneka, mainan dan selimut di ranjang bayi adalah hal yang wajar. Namun, menurut American Academy of Pediatrics, hal ini dapat membahayakan bayi karena risiko debu yang menempel atau risiko bayi terlilit benda-benda tersebut saat tidur.

Lalu, bagaimana ya cara yang tepat menempatkan bayi tidur di ranjangnya sendiri dengan aman?

  • Selalu atur posisi bayi agar tidur telentang
  • Pastikan ranjang bayi aman dan nyaman dengan standar kasur dan ruji ranjang yang baik
  • Hindari meletakkan boneka dan mainan di dalam ranjang bayi
  • Hindari menidurkan bayi dengan banyak lapisan di tubuhnya, misalnya selimut lebih dari 1 lapis karena akan memberikan rasa tidak nyaman dan resiko terbelit saat bayi bergerak.

Fase tidur adalah fase yang penting dalam tumbuh kembang bayi. Pastikan si kecil mendapat tidur berkualitas di tempat yang aman dan nyaman ya, Bunda.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading