Sukses

Parenting

Hati-Hati, Terlalu Banyak di Depan Layar Berefek Buruk Pada Anak

Balita dan anak kecil di era modern seperti saat ini telah dapat mengoperasikan gadget dengan lancar , bahkan sebelum mereka dapat mengendarai sepeda atau dapat membaca. Bahkan tak jarang kemampuan mereka mengoperasikan gadget telah melebihi para orang tua di usia yang masih terbilang kecil.

Teknologi memang telah mengambil alih hampir semuanya. Kini bermain dengan ponsel lebih menarik bagi mereka dibanding aktivitas di luar ruangan seperti berenang atau berjalan-jalan.

Hati-hati, karena kecanggihan teknologi dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan juga kehidupan sosial putra-putri Anda. Kini aktivitas anak didominasi oleh aktivitas di depan layar yang menyebabkan mereka kurang bergerak dan aktif. Kehidupan bersosial dengan teman sebaya atau orang lain juga akan terpinggirkan karena kecanduan mereka pada layar monitor televisi, ponsel, atau gadget lainnya.[quote]

Bunda, sebaiknya batasi interaksi anak dengan gadget, pastikan waktu mereka tidak banyak dihabiskan di depan layar yang memang sangat menarik. Bukan hanya bagi anak, orang dewasa pun seringkali terlarut di dalamnya.

Arahkan pemakaian teknologi ke arah positif, seperti ber-Skype dengan nenek-kakeknya di kampung halaman, dan mengajarkan mereka tentang membaca, menulis, dan seni. Sebisa mungkin batasi aktivitas game, menonton film dan hiburan lainnya karena dapat menimbulkan kecanduan pada si kecil.

Aktivitas di luar ruangan lebih banyak mengajarkan hal positif dibanding yang mereka pelajari dari layar monitor. Jadi pastikan mereka menghirup udara di alam yang segar dan terpapar sinar matahari serta berinteraksi dengan banyak orang agar sehat secara psikis dan fisik.

(vem/cha)
Loading
Artikel Selanjutnya
Supaya Tidak Tabrakan, Ada Trotoar Khusus Untuk Penggila Smartphone di China
Artikel Selanjutnya
Video 1 Menit Yang Perlu Ditonton Semua Orang Dewasa Demi Masa Depan