Sukses

Parenting

Penyakit Kulit Yang Sering Diderita Anak

Anak kecil sangat rentan terhadap penyakit kulit. Apalagi, beberapa penyakit kulit disebabkan oleh bakteri jahat dan sistem kekebalan tubuh anak masih lemah untuk melawannya. Tandanya pun beragam, mulai dari kemerahan hingga bintik-bintik. Kondisi tersebut bisa jadi adalah gejala infeksi atau alergi.

Seperti yang dijelaskan oleh MeetDoctor.com, berikut ini adalah beberapa penyakit kulit yang paling sering mengenai anak-anak beserta gejalanya:

    Biang keringat

    Penyebab biang keringat adalah tersumbatnya saluran keringat. Adapun gejalanya antara lain bintik-bintik seperti jerawat di beberapa bagian tubuh, seperti kepala, leher dan bahu. Biang keringat biasanya disebabkan pakaian yang terlalu tebal, panas, atau tidak menyerap keringat.

    Kurap

    Infeksi kulit yang disebabkan jamur yang hidup di dalam kulit mati, rambut, dan jaringan kuku. Gejalanya adalah kulit kemerahan dan bersisik, lalu membentuk pola seperti cincin. Kulit pun terkelupas, gatal dan melepuh. Penularan kurap dapat terjadi saat bersentuhan dengan orang lain atau hewan yang terkena kurap. Cara pengobatan kurap adalah salep anti jamur.

    Impetigo

    Kurang menjaga kebersihan membuat anak rentan terkena impetigo yang disebabkan infeksi bakteri stafilokokus atau streptokokus. Impetigo membuat kulit menjadi kemerahan atau melepuh yang berisi cairan dan berkerak. Usahakan agar anak tidak menggaruk sebab impetigo bisa menyebar ke bagian kulit lain. Penularan impetigo dapat melalui sentuhan kulit atau berbagi barang seperti handuk dan mainan. Anda dapat menggunakan obat antibiotik untuk menghentikan penyebarannya.

    Kutil

    Kutil dapat menular dengan bersentuhan dengan orang lain yang terinfeksi papilloma, penyebab kutil. Kutil biasanya tumbuh di tangan atau di jari. Cegah penyebaran kutil dengan mencabutnya hingga ke akar dan balut dengan perban.

Oleh karena itu Ladies, alangkah baiknya jika Anda selalu memantau kebersihan tubuh anak untuk mencegah penyakit kulit ini. 

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading