Sukses

Parenting

Susah Menidurkan Bayi? Yuk Coba Boneka Ini

Tidur berperan penting sekali dalam perkembangan otak bukan hanya untuk orang dewasa, bahkan lebih penting lagi untuk perkembangan bayi. Akan tetapi banyak bayi yang ternyata membutuhkan sedikit bantuan untuk tertidur. Banyak orang tua yang berusaha keras untuk menidurkan bayinya. Bayi yang memiliki waktu tidur pas sangat membantu dalam kecerdasannya.

Fisher Price sebagai salah satu produsen perlengkapan bayi dan mainan anak-anak prasekolah terkemuka di dunia melakukan sebuah survei online pada Juli 2014 yang lalu. Survei tersebut menunjukkan bahwa tidur, mengobrol dan bermain adalah tiga kegiatan yang dianggap penting untuk bayi.

Hal ini kemudian menginspirasi Fisher Price untuk meluncurkan Soothe & Glow Seahorse untuk membantu para ibu yang kesusahan meniduri bayi mereka. Boneka ini cukup mudah dimainkan, yang hanya diremas dengan lembut, kemudian akan menyala dan memainkan musik lembut. Boneka ini akan memainkan lagu pengantar tidur serta suara laut yang menyenangkan, kemudian 5 menit musik akan mati dan lampu akan redup sehingga membuat bayi tertidur.

Foto: Copyright by Vemale.com

"Fisher Price menyadari pentingnya tidur bagi perkembangan otak bayi, dengan tidur juga dapat meningkatkan perkembangan fisik mereka," papar Tan Shu Mei selaku Senior Brand Manager di Toys Kingdom Grand Indonesia Jakarta Pusat Kamis 27 November 2014 lalu.

Menurut Psikolog Anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi mengatakan bahwa anak-anak usia dini antara 1 sampai 18 bulan membutuhkan 15-18 jam tidur setiap harinya.

"Tidur berperan penting untuk aktivitas otak dan kesehatan mental bayi, karena hal tersebut akan mengoptimalkan perkembangan otak bayi," tambah Vera.

Boneka Soothe & Glow Seahorse/ Foto: Copyright by Vemale.com

Beberapa penelitian, lanjut Vera, menunjukkan bahwa otak secara aktif menstimulasi diri khususnya selama tidur rapid eye movement  (REM) atau fase tidur aktif.

Berikut beberapa tips dari Psikolog Anak untuk Anda yang susah meniduri bayi:

Pertama, Ibu harus merasa santai dan tenang. Mengapa? Karena kegelisahan ibu akan mempengaruhi anak dan akan membuat mereka lebih sulit tertidur. Kedua, mencoba dan mengatur waktu tidur yang tetap. Ketiga, menciptakan suasana yang menenangkan akan sangat membantu bagi anak-anak untuk tertidur dengan mudah, misalnya seperti lampu kamar dimatikan, tv dimatikan serta beri suhu ruangan kamar bayi yang nyaman.

Bagaimana Ladies? Anda bisa juga mencoba tips meniduri bayi Anda seperti dikatakan Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi tersebut.

(vem/yun/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Kasihan! Anak Paling Cantik Sedunia Justru Dihujat Banyak Orang
Artikel Selanjutnya
Aurel Makin Tampak Lebih Tirus dan Seksi Bak Model Profesional