Sukses

Parenting

Cocok Untuk Bunda, Tangan Ajaib Bisa Deteksi Popok Bayi Yang Basah

Kali ini vemale punya berita bagus lho Bunda, yaitu adanya tangan ajaib untuk mendeteksi popok bayi yang basah. Dilansir dari dailymail.co.uk, alat ini diberi nama "Supersmart". Produk asal Korea Selatan ini disinyalir mampu mendeteksi popok bayi yang basah dengan mudah.

Para peneliti asal Korea Selatan juga mengungkapkan jika produk ini terbuat dari bahan yang sempurna. Produk ini mampu mendeteksi tekanan, suhu, dan kelembaban saat disentuhkan ke sesuatu. Seperti halnya kulit nyata, produk ini tentunya akan sangat membantu. Pada kulit elektronik yang diaplikasikan ke tangan palsu, disinyalir mampu untuk menggetarkan tangan, mengetik pada keyboard, menggenggam bola, memegang  cangkir, merasakan dingin dan panas, bahkan mendeteksi permukaan basah serta kering benda. Kulit elektronik ini juga dapat digunakan untuk merasakan kontak dengan orang lain.

Alat yang disinyalir mampu mendeteksi popok basah bayi | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Sebagian besar kulit terbuat dari bahan silikon transparan dan fleksibel. Bahan tersebut biasa disebut dengan Polydimethylsiloxane atau PDMS. Karena tertanam bahan lain yang sering disebut nanoribbons, alat ini mampu menghasilkan listrik ketika alat ini diregangkan. Untuk sensor uji kelembaban, para peneliti menggunakan popok sebagai bahan percobaan. Dari penelitian, ditemukan jika alat ini dapat mendeteksi kadar kelembaban dan sifat kering atau basah pada suatu benda.

Tim peneliti juga telah memutuskan untuk membuat alat ini terasa seperti kulit asli saat digunakan. Dan untuk membuatnya seperti kulit asli, perangkat prostetik pada alat ini harus diatur sesuai dengan suhu tubuh penggunanya. Untuk mempertahankan stabilitas alat pada suhu 98 derajat fahrenheit, para peneliti melakukan percobaan dengan meletakkannya pada boneka bayi plastik. Dari sini, para peneliti dapat merasakan dan mengukur jumlah suhu panas yang akan dipindahkan dari tangannya ke tubuh boneka bayi.

Uji coba alat para tubuh bayi | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Untuk memaksimalkan sensitivitas alat, nanoribbon pada daerah tanpa peregangan akan dikemas dalam pola yang lebih linier. Sedangkan untuk daerah pergelangan tangan dengan tingkat fleksibilitas tinggi nanoribbondibuat lebih rumit. Seorang peneliti bernama Bao mengungkapkan bahwa alat ini adalah demonstrasi penting dari aplikasi elektronik merenggang.

Seorang penulis penelitian ini yaitu Dae Hyeong juga mengungkapkan bahwa alat ini telah ditunjukkan dan diaplikasikan pada hewan kecil. Dan sensor yang ada pada alat ini mampu mengirimkan sinyal rangsangan sentuhan dari alat ke otak. Untuk diaplikasikan pada tangan palsu, alat yang disebut sebagai kulit palsu ini juga disinyalir memiliki peran penting.

Wah, menarik bukan?  Apakah Anda tertarik untuk memiliki kulit palsu ini Bunda? Selain memberikan kekuatan sensitifitas lebih pada tangan, alat ini akan membantu Anda mendeteksi popok basah pada bayi dengan mudah.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading