Sukses

Parenting

Hati-Hati, Ini 7 Alergi Tak Terduga Beserta Pemicunya

Alergi merupakan suatu kondisi di mana tubuh memiliki respons yang berlebihan terhadap suatu zat, seperti makanan atau obat yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut juga biasanya dikenal sebagai hipersensitif. Jika Anda penderita alergi, tentunya sudah tahu pemicu alergi dan mengerti cara untuk menghindarinya, sehingga alergi Anda tidak kambuh.

Namun, pada beberapa kondisi mungkin Anda pernah tak sadar dengan alergi yang Anda derita saat mengonsumsi sesuatu. Nah, berikut beberapa pemicu alergi yang tak terduga:

    Lupa atau menunda minum obat

    Obat-obatan yang biasa Anda konsumsi dapat memblokir histamin pada penderita alergi. Sangat efektif jika dikonsumsi sebelum alergi tersebut muncul. Jadi, jika Anda akan berada di tempat yang dapat memicu terjadinya alergi, maka mulailah meminum obat untuk menghindari alergi muncul. Selain itu, jangan pernah menunda meminum obat alergi, karena hal tersebut dapat mencegah rhinitis alergi, seperti yang terjadi di pagi hari.

    Tekanan yang terlalu berlebihan

    Tekanan yang berlebihan seperti rasa cemas dan stres menjadi salah satu pencetus kambuhnya alergi. Hal ini pun didukung dengan adanya penelitian di Ohio State University College of Medicine pada tahun 2008 yang mengatakan bahwa hormon stres dapat menstimulasi produksi IgE, antibodi yang menyebabkan tubuh bereaksi terhadap zat asing sehingga dapat memicu kambuhnya alergi. Anda bisa menghindari hal ini dengan cukup tidur supaya lebih rileks.

    Air cucian yang tidak cukup panas

    Suhu air pada cucian yang kurang panas dapat menjadi penyebab kutu dan kotoran pada seprai atau pun tempat tidur, tidak bersih dengan sempurna. Oleh karena itu, gunakan air cucian atau rendaman dengan suhu 60 derajat Celcius, terutama jika Anda menggunakan mesin cuci.

    Berenang menggunakan kolam renang indoor

    Berenang dengan menggunakan kolam renang indoor pun dapat memicu kambuhnya alergi. Pasalnya, kolam renang indoor memiliki klorin dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat mengiritasi kulit, mata, serta saluran pernapasan.

    Mandi hanya sekali

    Saat Anda beraktivitas di luar ruangan dan banyak bersentuhan dengan partikel asing, ada baiknya untuk membersihkan diri atau mandi minimal dua kali. Pasalnya, partikel asing tersebut akan menempel di dalam tubuh, rambut, pakaian, atau pun sepatu yang Anda gunakan. Hal ini pun untuk menghindari alergi semakin memburuk.

    Tanaman di dalam ruangan

    Apakah di dalam ruangan kerja atau di dalam rumah Anda terdapat tanaman? Tanaman sejenis anggrek atau palem botol dapat membuat alergi Anda kambuh. Selain itu, getah pada tanaman hias bisa menguap di udara dan memicu alergi. Beberapa jenis tanaman lain yang perlu dihindari antara lain ficus, yucca, ivy, dan pakis.

    Asap rokok

    Berada di sekitar asap rokok justru akan memperburuk saluran pernapasan serta memperbesar kemungkinan munculnya alergi pada seseorang. Bahkan, asap rokok dapat menempel pada bahu ataupun rambut Anda.

Itu dia beberapa pemicu alergi yang tak terduga yang bisa Anda waspadai jika memiliki alergi.

Sumber: meetdoctor

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Mulai Olahraga
Artikel Selanjutnya
Alergi Seafood, Ini Cara Mengatasinya