Sukses

Parenting

5 Alasan Mengapa Anda Harus Mengonsumsi Kecambah

Kecambah sering dimasak bersama mi atau sup. Kecambah atau tauge sebaiknya dimakan dalam keadaan mentah sehingga nutrisi yang terkandung dalam kecambah tidak rusak. Jika Anda tidak dapat memakannya mentah, cobalah untuk mencampur dengan sup, atau dengan merendam dalam air panas selama beberapa saat. Mengkonsumsi tauge dengan cara ini hanya akan merusak vitamin sebanyak 20%, tetapi jika dimasak dengan baik, vitamin akan rusak hingga 60%.

Berikut adalah 5 manfaat mengonsumsi kecambah seperti yang dilansir top10homeremedies.com yaitu:

    Mencegah penuaan dini

    Tauge bermanfaat untuk mencegah penuaan dini karena tauge mengandung banyak antioksidan, sehingga baik untuk menyingkirkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Mengonsumsi kecambah secara teratur baik untuk kesehatan kulit, dan menjaga penampilan tetap awet muda.

    Mencegah kanker

    Dalam proses pembentukannya, tauge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah diserap oleh tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, taoge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Dengan mendorong kotoran meninggalkan usus besar, maka kacang kecambah bermanfaat dalam mencegah penumpukan zat beracun yang bisa memicu kanker.

    Meningkatkkan kesuburan

    Kandungan vitamin E pada kecambah dapat membantu mengurangi gangguan pramenstruasi, keluhan menstruasi, pramenopause dan gangguan menopause. Sehingga dapat membantu meningkatkan kesuburan.

    Mencegah Osteoporosis

    Kandungan estrogen alami yang ditemukan dalam tauge berfungsi dengan baik untuk mensintesis estrogen dan tanpa efek samping. Estrogen dapat meningkatkan kepadatan tulang dan struktur tulang, dan mencegah osteoporosis. 

Demikian 4 manfaat yang Anda dapatkan dari mengonsumsi kecambah. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading