Sukses

Parenting

5 Hal Yang Tak Boleh Dikatakan Orang Tua Pada Anak

Ketika mengasuh dan menjaga buah hati atau anak, setiap orang tua tentu ingin melakukan yang terbaik. Tapi, karena memaksakan untuk melakukan yang terbaik, tidak sedikit orang tua yang lupa bahwa ia telah mengasuh anak dengan sangat keras dan terkadang membuat anak menjadi stres, terpuruk dan bahkan depresi.

Ada beberapa hal yang sering kali dikatakan orang tua pada anak padahal hal tersebut bisa dengan mudah melukai perasaan anak dan membuat harga diri anak hancur. Apalagi, jika beberapa hal ini dikatakan ketika anak melakukan kesalahan. Dilansir dari laman parents.com, inilah beberapa hal yang tak boleh dikatakan orang tua pada anak meskipun anak melakukan kesalahan sekalipun. Orang tua harus pandai-pandai mengatakan hal dan nasehat baik agar anak tetap percaya diri, merasa dihormati serta dihargai.

    Ayah / Ibu Sibuk!

    Sesibuk apapun orang tua, sangat disarankan untuk berusaha ada dan menemani anak. Pastikan untuk tidak pernah mengatakan bahwa orang tua sibuk apalagi ungkapan sibuk tersebut disertai bentakan. Anak adalah seseorang yang memerlukan perhatian lebih dari kedua orang tuanya. Meskipun Anda sangat sibuk, katakan pada anak untuk menunggu hingga pekerjaan Anda selesai dan berjanjilah untuk menemaninya setelah semua pekerjaan selesai. Selain membuat perasaan anak bahagia, hal ini juga akan membuatnya menjadi anak yang sabar dan bijak.

    Lakukan Dengan Cepat!

    Ketika anak melakukan apapun, cobalah untuk selalu sabar menunggunya. Biarkan anak bereksplorasi dengan dunianya. Kalau pun Anda ingin anak melakukan sesuatu dengan cepat, berikan nasehat lembut agar ia lebih cepat menyelesaikan pekerjaannya. Linda Acrdolo, Ph.D, seorang penulis tentang anak menyebutkan jika menyuruh anak untuk lebih cepat dengan ungkapan yang lembut bisa membuat mereka menjadi lebih percaya diri, dihargai dan mendapatkan rasa sayang penuh dari orang tua. Tanpa harus membentak anak, anak juga akan melakukan apa yang orang tua nasehatkan padanya selagi nasehat tersebut baik.

    Kamu Baik-Baik Saja?

    Sering kali orang tua menanyakan pada anak apakah ia baik-baik saja saat anak terjatuh. Tanpa harus bertanya, setiap orang tua tentu tahu bahwa terjatuh adalah peristiwa yang menyakitkan. Untuk itu, cobalah memeluk anak saat ia terjatuh dan katakan bahwa Anda merasakan apa yang dirasakan anak. Yakinkan anak bahwa apa yang dialaminya adalah sesuatu yang biasa terjadi. Yakinkan anak ia akan baik-baik saja dan yakinkan bahwa Anda akan selalu ada untuk anak.

    Kenapa Kamu Berbeda Dari Saudaramu?

    Tidak sedikit orang tua yang sering kali membeda-bedakan anak mereka satu sama lain. Bukan hanya itu saja, orang tua sering kali membandingkan kemampuan anak dengan teman atau saudaranya yang lebih cerdas, lebih juara atau lebih penurut. Ayah dan bunda, sebagai orang tua, sudah semestinya bagi Anda untuk menerima dengan baik apapun dan bagaimanapun kondisi anak. Perlu kita tahu, setiap anak memiliki kelebihan masing-masing. Jika pun anak Anda tidak cerdas di satu bidang seperti anak lainnya, mungkin saja ia ahli di bidang lain yang tak dimiliki oleh anak lain atau bahkan tidak Anda miliki. Ungkapan kenapa kamu berbeda dari saudara atau teman justru akan membuat anak merasa tersisih, tidak mendapatkan kasih sayang sama dan harga dirinya hancur.

    Kamu Persis Ayah / Ibumu

    Saat anak melakukan kesalahan, hal ini tentu akan membuat setiap orang tua merasa marah dan kecewa. Apalagi, jika kesalahan tersebut dilakukan berulang kali. Meski begitu, pastikan untuk tidak menyamakan ia dengan ayah atau ibunya. Sedikit keburukan yang ada pada orang tua dan sering kali dijadikan ejekan, hal ini bisa saja menurunkan harga diri anak. Bukan hanya itu saja, sadar atau tidak, anak bisa saja menjadi benci terhadap orang tuanya.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh dikatakan pada anak. Selain hal tersebut, hal lain yang juga tidak boleh dikatakan pada anak adalah, jauhi teman-teman nakalmu, kamu sebaiknya di rumah saja dan tidak ke luar rumah agar tidak nakal, kamu selalu membuat kami (Ayah / Ibu) malu, lakukan apapun sesuka hatimu!, kamu selalu membuat keputusan yang salah dan masih banyak lagi. So, sebagai orang tua, pastikan untuk selalu hati-hati saat mengasuh dan menjaga buah hati ya. Semoga informasi ini bermanfaat. :)

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading