Sukses

Parenting

Kenali Penyebab Sakit Punggung Selama Masa Kehamilan

Selamat! Anda hamil! Satu hal yang pasti saat Anda hamil diberitahu bahwa Anda hamil adalah bahwa tidak ada pengalaman hidup bagi seorang wanita yang dapat dibandingkan dengan pengalaman saat hamil. Sebab, selalu ada masa-masa, saat hamil terasa sangat menyenangkan sekaligus mendebarkan sehingga Anda tidak akan pernah ingin untuk cepat-cepat mengakhirinya.

Saat hamil, Anda butuh untuk mempersiapkan diri baik secara fisik maupun mental untuk setiap perubahan yang akan Anda alami selama 9 bulan 10 hari masa kehamilan. Saat hamil, tubuh akan mulai meproduksi beberapa hormon, termasuk hormon relaksin, yang akan membantu mempersiapkan kondisi tubuh Anda untuk menjalani proses persalinan. Salah satu efek dari relaksin ini adalah mengendurnya sendi-sendi dalam tubuh yang akan membuat tubuh menjadi lebih tidak stabil dan rentan terhadap luka.

Seperti dilansir dalam laman www.momjunction.com, selain menjadi lebih tidak stabil dan rentan terhadap luka, pertumbuhan janin di dalam perut juga akan membuat perut semakin membesar. Hal ini biasanya akan membuat otot-otot pada bagian punggung semakin merenggang dan akan membuat kita mengalami sakit punggung. Selain kondisi otot yang merenggang, berikut beberapa penyebab sakit punggung selama kehamilan yang wajib Anda ketahui agar dapat menanganinya secara tepat.

    Pertambahan Berat Badan

    Selama masa kehamilan yang sehat, wanita akan cenderung menambah banyak berat badan. Berat dari janin yang terus bertumbuh di dalam perut dan rahim yang menekan pembuluh darah akan membuat syaraf-syaraf panggung mengalami ketegangan. Kondisi ini menjadi penyebab awal yang mengantarkan Anda pada sakit punggung selama kehamilan.

    Perubahan Postur Tubuh

    Kehamilan membuat pusat gravitasi tubuh kita berubah. Sehingga, Anda akan mengalami sakit punggung yang disebabkan oleh otot-otot perut yang merenggang.

    Perpisahan Otot-otot

    Seiring dengan perut yang membesar, dua otot paralel yang bergerak dari rangka tulang rusuk sampai tulang pinggang akan terpisah. Perpisahan ini akan menambah buruk sakit punggung yang Anda derita selama masa kehamilan.

    Stress

    Stress emosional dapat menyebabkan ketegangan otot pada punggung yang akan membuat Anda mengalami sakit punggung.

    Kelebihan Berat Badan

    Anda akan lebih rentan mengalami sakit punggung jika Anda mengalami kelebihan berat badan saat kehamilan. Kesibukan saat bekerja atau memiliki riwayat sakit pada pinggul juga akan menyebabkan Anda mengalami sakit punggung saat hamil.

Nah, itulah penyebab sakit punggung yang mungkin akan Anda alami selama masa kehamilan. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda mungkin akan dapat melakukan tindakan preventifnya mulai dari sekarang, Bunda. Salah satunya, adalah dengan mengontrol berat badan Anda selama hamil.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading