Sukses

Parenting

Awal Kehamilan Dan Menderita Diare? Kenali 5 Penyebabnya

Biasanya, ada beberapa wanita yang mengalami diare di awal kehamilan mereka. Jika kamu saat ini sedang hamil dan masih berada di minggu-minggu awal kehamilan serta mengalami diare, kamu tak perlu khawatir Ladies. Pada dasarnya, diare di awal kehamilan ini adalah suatu yang wajar dan lumrah terjadi. Diare di awal kehamilan biasanya terjadi karena adanya lonjakan hormon. Tapi, tidak menutup kemungkinan ada hal lain yang juga menjadi penyebab diare. Dikutip dari laman parents.com, inilah beberapa penyebab diare di awal kehamilan. 

    Alergi Makanan

    Ketika sedang hamil, tidak sedikit wanita yang akan alergi terhadap beberapa jenis makanan. Karena alergi inilah, tidak sedikit pula wanita yang mengalami diare atau gatal-gatal pada kulit tubuh. Jika sebelum hamil makan apa saja tubuh akan sehat, tidak jarang saat hamil pertama beberapa makanan tersebut bisa membuat kamu diare, mual dan alergi lainnya.

    Keracunan Makanan

    Beberapa makanan bisa menjadi beracun ketika seseorang sedang hamil. Hal ini terjadi karena ada beberapa makanan yang juga mengandung beberapa zat berbahaya. Ketika kamu mengalami hal ini, pastikan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan kamu di klinik atau rumah sakit terdekat.

    Perubahan Hormon

    Perubahan hormon adalah hal yang paling umum terjadi ketika seorang wanita sedang hamil di hari dan minggu awal kehamilan. Perlu kita tahu, perubahan hormon ini bahkan bisa membuat sistem pencernaan sedikit bermasalah dan berujung pada kondisi diare. Kamu tak perlu khawatir jika mengalami hal ini, seiring berjalannya waktu dan kamu sudah terbiasa dengan perubahan hormon tersebut, kamu akan kembali ke kondisi normal dan sehat seperti semula.

    Infeksi Virus

    Infeksi atau virus adalah penyebab utama dari diare. Dan kehamilan merupakan salah satu kondisi yang sangat rentan terhadap berbagai infeksi juga virus. Ketika daya tahan tubuh lemah akibat hamil, sadar atau tidak, diare adalah kondisi yang paling sering terjadi.

    Perubahan Pola Makan

    Perubahan pola makan adalah salah satu aktivitas yang juga menjadi penyebab utama dari datangnya diare. Ketika seseorang tidak hamil dan pola makannya berubah, ia akan rentan terhadap risiko diare. Jika seseorang yang sedang tidak hamil saja rentan diare, bagi mereka yang sedang hamil tentunya akan lebih rentan lho Ladies. So, ketika kamu hamil, usahakan untuk tidak mengubah pola makan. Jika kamu mengalami diare di saat kehamilan, bukan hanya badan lemas saja yang kamu alami, lebih jauh, diare akan sangat berbahaya bagi kelangsungan pertumbuhan serta perkembangan janin.


Ladies, itulah beberapa penyebab diare di saat awal kehamilan yang sangat perlu kita semua kenali. Selain penyebab di atas, penyebab diare lainnya bisa berupa badan yang terlalu capek, terlalu banyak konsumsi pedas dan asam serta obat antibiotik. Berikut informasi yang bisa kami berikan dan semoga bermanfaat. :)




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading