Sukses

Parenting

Minum Kopi Saat Hamil, Amankah Untuk Kesehatan Janin?

Ketika seorang wanita mengandung, ada banyak hal yang perlu untuk diperhatikan. Dan salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan selanjutnya adalah kebiasaan minum kopi. Bagi mereka yang sudah terbiasa minum kopi setiap harinya, mungkin akan terasa asing dan berbeda saat tidak minum kopi. Tapi, untuk Anda yang sedang hamil, pastikan untuk berhenti dari kebiasaan buruk mengkonsumsi kopi atau minum lain yang tinggi akan kafein.

Dilansir dari laman parents.com, ibu hamil sangat tidak disarankan mengkonsumsi kopi yang mengandung banyak kafein. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan di berbagai negara menyebutkan jika kandungan senyawa kafein pada kopi bisa berpengaruh buruk pada kesehatan dan tumbuh kembang janin. Sebuah penelitian yang dilakukan di Sahlgarenska University Hospital di Swedia dan Norwegian Institute of Public Healthmengatakan jika ibu yang sering minum kopi saat hamil bisa membuat janinnya tidak bisa berkembang dengan baik. Kandungan kafein pada kopi akan membuat janin lahir dalam kondisi berat badan rendah.

Berdasarkan observasi yang dilakukan pada 60.000 ibu hamil di Norwegia, ibu hamil yang mengkonsumsi kopi lebih dari 200-300 mg kopi setiap harinya, hal ini akan meningkatkan risiko janin berukuran kecil hingga 62 persen. Sementara sumber lain yakni dailymail.co.uk, dalam jurnal BMC Medicine, Dr Verena Sengpiel mengatakan bahwa

"Kemungkinan besar kafein dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin. Tidak jarang, kafein juga akan menghalangi jalannya protein yang ada di tubuh ibu untuk bayi dan membuat janin tidak sehat."

Bahaya kafein pada kopi bukan hanya sampai di situ saja. Penelitian lain mengungkapkan jika konsumsi kafein berlebih setiap harinya saat hamil, hal ini juga akan meningkatkan risiko bayi terlambat lahir selama 8 jam. Hal ini disebabkan karena senyawa kimia yang ada pada kopi bisa mempengaruhi nyeri persalinan ibu hamil yang melahirkan.

Bahkan, hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynaecology menyebutkan jika senyawa kafein yang dikonsumsi ibu saat hamil tinggi, hal ini bisa saja mengubah DNA dalam sel-sel janin sehingga membuat janin lebih rentan terkena tumor ataupun kanker. Para peneliti menemukan jika bayi yang lahir dari wanita yang suka minum kopi saat hamil akan berisiko 20% lebih tinggi terjangkit kanker. So, bagi Anda yang terbiasa dengan minum kopi 2 sampai 3 gelas perhari, pastikan untuk menghentikan kebiasaan ini ya.

Tapi tenang Ladies, jika Anda minum kopi dengan takaran yang tepat, hal ini tentu tidak terlalu bahaya untuk kesehatan janin. Apalagi, jika usia kandungan sudah masuk ke trisemester kedua dan seterusnya. Perlu kita tahu, kafein sebenarnya tidak hanya terdapat pada kopi saja. Minuman lainnya yang juga mengandung kafein antaranya adalah teh, soda dan cokelat. Agar janin di kandungan Anda selalu sehat, pastikan untuk memberinya nutrisi yang sehat pula seperti sayur, buah, susu segar dan makanan atau minuman lain yang tidak mengandung lemak terlalu tinggi.

(vem/mim)
Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana
Loading
Artikel Selanjutnya
Penelitian Membuktikan, Ibu Melahirkan di Kala Pandemi Rentan Depresi