Sukses

Parenting

Sawi Hijau, Sayuran Berserat Kaya Manfaat Bagi Ibu Hamil

Menjaga asupan makanan yang kita konsumsi saat hamil adalah hal penting yang tidak boleh kita abaikan. Salah satu bahan makanan yang sangat disarankan untuk kita konsumsi dalam jumlah cukup adalah sayur-sayuran.

Salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil adalah sawi. Seperti dilansir dalam laman www.momjunction.com, sayuran hijau yang biasa dimasak tumis dengan berbagai sayuran lain ini memiliki rasa khas yang enak dan kandungan gizi serta nutrisi yang sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh, terutama saat Anda hamil.

So, apa saja sih manfaat dari sawi ini? Berikut ulasan selengkapnya.

    Membantu Proses Pembekuan Darah pada Janin

    Mengonsumsi makanan yang kaya akan kadar vitamin K selama hamil akan sangat bermanfaat bagi Anda dan bayi Anda.  Sebab, semua bayi membutuhkan  vitamin K saat mereka lahir untuk membantu proses pembekuan darah mereka. Nah, sawi merupakan salah satu bahan makanan sumber vitamin K yang bisa Anda andalkan. Sebab, satu cangkir rebus sawi hijau memberikan 770 mikrogram vitamin K, yaitu lebih dari 100% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

    Menjaga Kadar Gula Darah

    Saat hamil, wanita sangat rentan terserang diabetes. Salah satu cara mencegah terjadinya diabetes saat hamil ini adalah dengan mengonsumsi sawi. Sebab, sawi hijau mengandung manfaat antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid, yang telah terbukti membuat kadar glukosa yang lebih rendah.

    Membuat Tidur Lebih Nyenyak

    Kandungan kolin dalam sawi hijau merupakan nutrisi penting untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak pada malam hari serta membantu pergerakan otot dan persendian. Seperti diketahui, saat hamil, terutama jika sudah memasuki trisemester ketiga, kita seringkali memiliki gangguan tidur karena postur tubuh yang berubah. Selain itu, kita juga mengalami kesulitan bergerak karena sendi-sendi yang merenggang. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi cukup kolin yang terkandung dalam sawi.

    Meningkatkan Mood

    Selain kolin, kandungan folat juga ditemukan dalam sawi. selain dapat bermanfaat untuk tumbuh kembang otak serta organ pada janin, folat juga membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh. Kelebihan homosistein, akan mengganggu produksi hormon seratonin yang membuat perasaan bahagia. Oleh sebab itu, konsumsi sawi will help you to brighten your mood! Really unexpected, right?

Nah, itulah beberapa manfaat dari sawi bagi kehamilan. Dengan segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi sawi ini, tentu Anda tidak perlu ragu lagi dalam mengonsumsi sayuran hijau yang sehat ini ya, Bunda. Semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading