Sukses

Parenting

Atasi Rasa Mual Saat Hamil Muda dengan Cara Alami Ini, Yuk Bunda!

Mual dan muntah saat awal kehamilan adalah sesuatu yang wajar terjadi. Seperti dilansir dalam laman www.babycentre.co.uk, penyebab dari rasa mual yang mengakibatkan muntah saat awal kehamilan ini bermacam-macam. Ibu hamil muda yang memiliki riwayat penyakit asam lambung, juga bisa menjadi penyebab timbulnya rasa mual dan muntah tersebut.

Selain riwayat penyakit asam lambung, meningkatnya hormon estrogen juga bisa menjadi salah satu alasan kuat kenapa ibu hamil sering mengalami mual dan muntah. Hormon estrogen ini sangat mempengaruhi kondisi asam lambung kita. Saat asam lambung meningkat maka timbullah rasa mual. Hormon estrogen ini biasanya akan banyak dikeluarkan saat pagi hari, oleh sebab itu ibu hamil muda biasanya akan lebih mudah mengalami rasa mual dan muntah saat pagi hari. Hal ini biasa kita kenal dengan morning sickness.

Meski sangat normal terjadi, tapi jika terjadi setiap hari saat hamil muda, pasti mual dan muntah ini sangat mengganggu. Selain itu, rasa mual dan muntah juga secara langsung akan mempengaruhi nafsu makan kita. Biasanya, saat mual dan muntah, kita menjadi enggan untuk mengonsumsi apapun. Hal ini tentu tidak bisa didiamkan saja, ya Bunda.

Untuk mengatasi rasa mual dan muntah pada awal kehamilan ini, Anda bisa mencoba beberapa cara alami berikut. Karena alami, Anda tentu tidak perlu khawatir tentang keamanannya. Yuk, disimak.

    Makan dalam Jumlah Sedikit

    Mungkin banyak yang beranggapan bahwa saat hamil, kita harus banyak makan karena kita makan tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk bayi yang ada dalam kandungan kita. Anggapan ini sebenarnya kurang tepat, sebab, meskipun hamil kita tidak perlu makan sampai 2 porsi, sebab makan dalam porsi yang besar justru akan memicu rasa mual, apalagi pada kehamilan muda. Makanlah dalam porsi yang sedang atau kecil. Untuk memastikan Anda tidak kekurangan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, meski makan dalam jumlah sedikit, Anda bisa makan dengan jeda yang pendek. Misal, Anda sarapan pukul 7, maka pada pukul 10 Anda bisa mengonsumsi camilan sehat seperti buah potong yang membuat kenyang.

    Jauhi Makanan Penambah Rasa Mual

    Jika Anda seringkali mengalami mual saat awal kehamilan ini, sebaiknya hindari makanan-makanan yang justru akan semakin menambah rasa mual tersebut. Makanan-makanan penambah rasa mual ini di antaranya: makanan berlemak, makanan berminyak, dan makanan pedas.

    Hindari Makanan yang Menyebabkan Kembung

    Makanan yang menimbulkan gas (menyebabkan kembung) sebaiknya Anda hindari. Sebab, gas yang ditimbulkan dari makanan-makanan ini akan membuat perut terasa penuh, akibatnya Anda akan lebih mudah merasa mual. Makanan-makanan ini meliputi durian, nangka, dan makanan-makanan hasil fermentasi seperti tape.

    Konsumsi Buah yang Kaya Vitamin C

    Vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan bermanfaat untuk menetralisir rasa mual yang Anda rasakan selama masa awal kehamilan. Buah kaya vitamin C ini berbagai macam, seperti jeruk, apel, buah pir, dan sebagainya. Meski vitamin C baik untuk menetralisir rasa mual, tapi jika Anda memiliki asam lambung yang tinggi sebaiknya tidak memilih buah yang terlalu asam.

    Minum Jahe Hangat atau Teh Peppermint

    Sejak dulu, jahe sudah dikenal dengan manfaatnya untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya mual. Ketika Anda merasa mual, minumlah jahe hangat untuk meredakan rasa mual Anda. Jahe memiliki kandungan minyak atsiri yang bermanfaat untuk mengatasi rasa mual.

    Selain jahe, Anda juga bisa meminum teh peppermint. Mint mengandung menthol yang bisa memberi rasa lega di tenggorokan dan memberi sensasi dingin di usus. Hal ini akan membantu Anda mengurangi rasa mual saat kehamilan.

Nah, itulah beberapa tips mengatasi rasa mual yang seringkali terjadi saat kehamilan muda. Semoga bermanfaat dan membuat Anda lebih siap dalam mempersiapkan kehamilan yang sehat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading