Sukses

Parenting

Suka Berenang Saat Hamil? Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan Bunda...

Selama masa kehamilan, kita memang dianjurkan untuk menjaga gerak agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan yang dapat memicu keguguran. Meski demikian, hal ini tidak berarti bahwa Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan olahraga selama kehamilan lho, Bunda.

Sebab, seperti dikutip dalam laman www.babycenter.com, ibu hamil tetap dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan yang dapat membantu mempersiapkan kondisi fisik menghadapi persalinan. Salah satu olahraga yang sangat disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil ini adalah berenang.

Banyak ibu hamil yang telah melakukan olahraga berenang ini dikarenakan berenang membuat tubuh terasa ringan. Selain itu, berenang juga memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan kita selama kehamilan, antara lain:

  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru
  • Meningkatkan kekuatan dan pembentukan otot; Berenang dapat membuat otot-otot rahim dan panggul lebih kuat sehingga bisa memudahkan ibu saat bersalin.
  • Menambah daya tahan tubuh.
  • Mengurangi pembengkakan saat hamil.
  • Membuat tidur lebih nyenyak.


Dengan beragam manfaat yang beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berenang, tentu Anda tidak perlu ragu lagi untuk melakukan olahraga ini ya? Tapi, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan Anda sebelum Anda memutuskan untuk berenang; terutama jika Anda belum pernah berenang sebelumnya.

Selain itu, tips berenang berikut juga bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk melakukan olahraga air ini selama kehamilan. Yuk, simak.

    Lakukan Pemanasan

    Jangan membiasakan diri untuk langsung masuk ke kolam renang tanpa melakukan pemanasan. Sebab, pemanasan ini penting untuk menjaga otot-otot Anda agar terhindar dari kram ketika mulai berenang.

    Minum Air

    Saat olahraga, Anda sangat mungkin mengalami dehidrasi karena kelelahan. Untuk menghindari hal ini, minumlah satu gelas air sebelum berenang. Setelah itu, minumlah satu gelas air setiap 20 menit sekali.

    Lakukan Gaya Berenang yang Sesuai untuk Ibu Hamil

    Selama kehamilan, Anda tidak bisa menggunakan gaya berenang yang terlalu menguras tenaga dan membuat Anda gampang merasa lelah. Lakukan gaya berenang yang sesuai untuk ibu hamil seperti gaya dada. Gaya dada akan membuat tubuh Anda terasa lebih ringan meskipun kondisi perut sudah membesar. Selain itu, gaya ini juga dapat melancarkan peredaran darah dan mengurangi bengkak di kaki.

Nah, itulah informasi seputar manfaat berenang bagi kesehatan Anda selama kehamilan dan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk berenang. So, semoga bermanfaat.



(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading