Sukses

Parenting

Ingin Proses Persalinan yang Normal? Perbanyak Jalan Kaki Yuk, Bunda...

Saat kehamilan memasuki trisemester akhir, banyak calon ibu yang khawatir pada proses persalinannya; terutama bagi calon ibu yang baru pertama kali melahirkan. Hal ini wajar saja, sebab proses persalinan memang merupakan salah satu momen yang paling menegangkan dari perjalanan hidup seorang wanita.

Meski menegangkan, bukan berarti Anda harus over anxious terhadap proses persalinan yang akan Anda hadapi ya, Bunda. Sebab, dengan persiapan yang matang, Anda pasti bisa melewatinya dengan baik.

Salah satu persiapan yang harus Anda lakukan menjelang persalinan adalah persiapan fisik. Persiapan fisik ini bisa dilakukan dengan cara latihan gerakan ringan seperti berjalan kaki, untuk memperlancar proses persalinan Anda nantinya.

Seperti dilansir dalam laman www.momjunction.com, berjalan kaki secara rutin selama kehamilan dapat membantu memperlancar proses persalinan, terutama jika Anda sangat menginginkan proses persalinan normal. Sebab, berjalan kaki secara rutin akan melatih otot-otot yang dibutuhkan dalam membantu proses persalinan menjadi lebih kuat. Selain membantu Anda untuk melakukan persalinan secara normal, berjalan kaki memiliki beberapa manfaat lainnya untuk kesehatan Anda selama kehamilan. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

    Membuat Tubuh Lebih Bugar

    Jalan kaki pada pagi hari dengan teratur akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan dan mengurangi keluhan yang seringkali terjadi selama kehamilan. Tubuh yang bugar akan membuat Anda lebih mudah dalam melakukan proses mengejan selama persalinan.

    Mengurangi Resiko Preeklampsia

    Berjalan kaki secara teratur selama kehamilan akan mengurangi resiko kehamilan bermasalah. Studi menunjukkan, ibu hamil yang teratur jalan kaki beresiko rendah alami preeklampsia dibanding dengan yang malas jalan. Selain preeklampsia, rutin berjalan kaki juga akan menghindarkan Anda dari resiko diabetes selama kehamilan.

    Mengurangi Stress

    Latihan fisik ringan yang teratur seperti berjalan kaki di pagi hari akan menambah produksi hormon endorfin yang akan memberikan efek psikologis yaitu memberikan ketenangan secara mental. Selain melepaskan ketegangan mental, rutin berjalan kaki juga akan membantu Anda dalam mengurangi stres fisik.

    Mengontrol Pertambahan Berat Badan

    Membiasakan hidup sehat dengan melakukan latihan sehat seperti berjalan kaki secara rutin di pagi hari akan membantu Anda dalam mengontrol pertambahan berat badan secara wajar.

    Membuat Tidur Lebih Pulas

    Keluhan yang sering kali dialami oleh ibu hamil adalah kesulitan tidur di malam hari. Dengan olahraga ringan dan teratur seperti berjalan kaki setiap pagi, Anda akan dapat mengatasi masalah susah tidur ini dan Anda pun dapat tidur dengan nyaman.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan berjalan kaki secara rutin selama kehamilan. Dengan manfaat yang sangat beragam ini, tentu Anda tidak perlu lagi enggan untuk secara rutin berjalan kaki mulai dari sekarang ya!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading