Sukses

Parenting

Atasi Sakit Punggung di Trisemester Ketiga Kehamilan dengan Cara Alami Ini Yuk, Bunda

Saat kehamilan memasuki trisemester ketiga, kondisi perut akan semakin membesar.Seiring dengan kondisi perubahan fisik yang terjadi, Anda juga biasanya mulai merasakan sakit punggung ketika berdiri dalam jangka waktu yang lama serta tidur dengan posisi yang salah.

Sakit punggung selama kehamilan ini umumnya disebabkan karena pertambahan berat badan yang membuat syaraf-syaraf punggung mengalami ketegangan. Nah, agar sakit punggung saat kehamilan memasuki trisemester ketiga ini tidak terjadi berlarut-larut dan membuat Anda meringis kesakitan, coba beberapa cara alami seperti yang disarankan dalam laman www.babycenter.com, ini yuk, Bunda.

    Berenang

    Berenang membuat otot-otot tubuh menjadi fleksibel. Gerakan dalam gaya berenang gaya punggung dan gaya dada terutama, akan membantu Anda dalam mengurangi ketegangan dalam otot-otot tubuh yang membuat Anda mengalami sakit punggung.

    Berjalan Kaki

    Selain berenang, rutin berjalan kaki juga akan membantu Anda mengurangi sakit punggung yang Anda alami di trisemester ketiga kehamilan ini lho, Bunda. Gerakan ringan saat berjalan kaki akan menguatkan otot-otot punggung serta melatih otot-otot yang dibutuhkan dalam membantu proses persalinan menjadi lebih kuat.

    Tidur Dalam Posisi Miring

    Saat tidur, tidurlah dengan posisi miring dengan salah satu atau kedua lutut tertekuk. Hindari posisi tidur telentang karena posisi ini akan membuat punggung Anda semakin tertekan dan Anda menjadi semakin tidak nyaman. Pertimbangankan untuk menggunakan bantal untuk mengganjal perut Anda jika perlu.

    Gunakan Kompres Dingin dan Panas

    Penggunaan kompres panas dan dingin di punggung akan membantu Anda mengurangi rasa sakit di punggung saat kehamilan membesar. Anda bisa memulainya dengan kompres dingin terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan kompres panas.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sakit punggung yang mungkin Anda alami di trisemester ketiga kehamilan ini. Jika tips ini belum berhasil meringankan nyeri punggung yang Anda derita, ada baiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading