Sukses

Parenting

Konsumsi Asparagus Selama Kehamilan, Ini Lho Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Bunda

Selama kehamilan, kita disarankan untuk mengonsumsi makan-makanan yang memiliki kandungan nutrisi bermanfaat bagi kesehatan dan kehamilan, salah satunya sayuran. Salah satu jenis sayuran yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi selama masa kehamilan adalah asparagus.

Asparagus menjadi salah satu sayuran yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui karena asparagus memiliki sejumlah kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin. Seperti disebutkan dalam laman www.momjunction.com salah satu manfaat yang diberikan asparagus untuk kesehatan adalah efek diuretiknya. Dengan efek diuretik yang dimilikinya, asparugs mampu mendetoksifikasi tubuh kita; mengusir semua racun yang dapat membahayakan kesehatan kita dan janin yang pada akhirnya akan meningkatkan fungsi pencernaan dan metabolisme tubuh.

Selain itu, asparagus yang kaya akan asam folat juga sangat bermanfaat bagi kesehatan janin. Asam folat bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat atau kelainan syaraf pada janin seperti spina bifida dan anencephali. Selain bermanfaat bagi janin, asam folat juga bermanfaat bagi Anda sendiri, Bunda. Sebab, mengonsumsi cukup asam folat akan mencegah terjadinya hipertensi pada ibu hamil. Kandungan dari asam folat dapat menurunkan kadar homosistein yang berfungsi melancarkan peredaran darah di dalam tubuh Anda.

Di samping asam folat, asparagus juga kaya akan kandungan glutathion yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh yang bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan DNA dan sel sel lainnya pada tubuh janin. Asparagus juga memiliki sejumlah kandungan inulin yang bermanfaat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Inulin merupakan jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia tetapi secara aktif berperan dalam menjaga tingkat  bakteri baik di dalam saluran cerna yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dari serangan bakteri jahat. Dengan banyaknya manfaat dari kandungan nutrisi yang dimiliki oleh asparagus, tentu membuat kita semakin tak ragu untuk mengonsumsi sayuran satu ini ya?

Jika Anda ingin mengolah asparagus, Anda bisa memasaknya dengan ditumis atau diolah menjadi sup yang lezat. So, siap untuk memasak menu asparagus mulai besok? Eat healthily, live happily! Semoga bermanfaat.

(vem/ama)
Loading