Sukses

Parenting

Musim Hujan Jauhi Makanan Ini

Musim hujan sudah datang. Biasanya di musim seperti ini, berbagai penyakit rawan menghampiri, seperti flu, diare, dan sebagainya. Karena itu, perkuat daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Anda perlu memiliki cukup nutrisi dan vitamin untuk menghalau flu dan demam yang rawan terjadi di peralihan musim.

Penyakit bisa datang dari makanan yang kita konsumsi. Agar tubuh tetap sehat di musim hujan, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari, atau paling tidak dikurangi konsumsinya. Makanan-makanan tersebut antara lain:

    Sayuran berdaun

    Meski sayuran berdaun sudah tidak diragukan lagi kandungan nutrisinya, namun di musim hujan, sebaiknya sayuran dengan dedaunan lebat dihindari karena lembabnya udara dapat membuat kuman berkumpul pada daun-daunnya yang bergizi. Untuk sementara waktu, hindarilah bayam, kubis dan kembang kol selama musim hujan. Selalu cuci sayuran yang hendak Anda olah sebersih mungkin sebelum dikonsumsi.

    Jus segar dan buah dari pedagang di pinggir jalan

    Meski segar dan alami, namun buah-buahan yang ditata untuk dijual di pinggir jalan sudah terpapar udara musim hujan sehingga bisa jadi sudah terkontaminasi air hujan. Jika ingin mengonsumsi buah dan jus buah, siapkan sendiri jus buah di rumah dan jangan membeli dari pedagang di luar rumah

    Makanan laut

    Makanan laut sebaiknya dihindari sepanjang musim hujan karena ikan dan udang yang kurang matang dapat menyebabkan tubuh Anda terkontaminasi bakteri dan kuman di musim hujan. Pilihlah daging ayam sebagai gantinya. Untuk tetap mengonsumsi makanan laut, usahakan jenisnya adalah jenis tersegar dan sudah dimasak hingga benar-benar matang.

    Gorengan

    Tingginya kelembapan udara membuat proses pencernaan dalam tubuh juga terpengaruh dan menjadi lebih lambat. Alhasil, mengonsumsi terlalu banyak gorengan dapat menyebabkan timbulnya komplikasi seperti perut kembung dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya. Gorengan juga biasanya memiliki rasa yang asin, dan garam dalam tubuh dapat menyebabkan berkurangnya cairan tubuh. Jika ingin mengonsumsi gorengan, buatlah sendiri di rumah dan jangan membeli dari pedagang pinggiran.

    Minuman bersoda

    Minuman bersoda terbukti mengurangi kadar mineral dalam tubuh sehingga menyebabkan berkurangnya aktivitas enzim dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan pencernaan semakin melemah, dan kondisi ini tidak sebaiknya dialami di tengah musim penghujan. Selain minuman bersoda, kurangi juga konsumsi produk-produk berbahan baku susu yang dapat membuat pencernaan tertekan.

 

Untuk mempersiapkan diri dan menjaga kesehatan Anda selama musim penghujan, berikut tips-tips yang dapat Anda praktekkan.

  1. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang tidak terlalu berat untuk kerja pencernaan.

  2. Tetaplah rajin berolahraga agar bakteri yang mungkin sempat memasuki tubuh dapat kembali dihalau keluar bersama keringat.

  3. Jagalah kebersihan tubuh senantiasa. Segera setelah berada di luar rumah, cuci kaki dan tangan menggunakan sabun dan air.

  4. Segera obati gejala penyakit sekecil apapun yang mungkin terjadi sebelum infeksi bertambah serius.

  5. Tetaplah mengonsumsi cukup air meski Anda sedang tidak haus untuk menjaga sistem imun tubuh Anda.

Sumber: http://meetdoctor.com/

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading