Sukses

Parenting

Menurut Penelitian, Gen Bisa Tentukan Kesuksesan Seseorang

Ternyata, kesuksesan sudah bisa diprediksi bahkan sejak kamu masih bayi lho. Gen seseorang ternyata memiliki informasi penting tentang bagaimana masa depan akan terjadi dalam hidup. Seperti ditemukan sebuah penelitian baru-baru ini yang menyatakan bahwa gen tubuh ternyata punya peran besar menentukan karir dan keberhasilanmu.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science ini menggali lebih dalam mengenai informasi genetik yang berhubungan dengan level pendidikan seseorang. Dalam penelitian ini, ketua penelitian Daniel Belsky, mengungkapkan hipotesis bahwa gen tertentu memiliki peran menentukan kesuksesan seseorang.

Dan dari hasil analisa hampir 1000 orang partisipan, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang memiliki skor poligenik yang lebih tinggi cenderung lebih cepat keluar dari rumah untuk mencari peluang kerja dan punya kesempatan karir lebih besar dibanding mereka yang tak punya skor tinggi.

Mereka yang memiliki skor poligenik gen tinggi ternyata juga cenderung punya kehidupan lebih sukses, baik mengatur keuangan dan memiliki pasangan hidup dengan pendidikan lebih tinggi dan penghasilan yang besar.

Para peneliti tidak menemukan hubungan skor poligenik ini dengan kondisi fisik. Skor poligenik gen ini juga tidak melihat latar belakang keluarga, karena kadar tinggi poligenik bisa ditemukan pada mereka yang lahir dari latar belakang keluarga yang miskin sekalipun. Dengan kata lain, orangtua cerdas tidak selalu melahirkan anak cerdas, begitu juga sebaliknya.

Namun tentu saja, gen bukanlah penentu seseorang hidup orang bisa sukses atau tidak. Faktor lain seperti usaha, kemauan, kegigihan dan lain sebagainya lebih punya andil besar terhadap kesuksesan seseorang. Gen hanya jadi penentu kecil kesuksesan seseorang.

Jadi, jika kamu ingin sukses, bukan hanya gen sukses saja yang kamu perlukan, kamu masih butuh lebih banyak hal lain untuk bisa mendukungmu mencapai keberhasilan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading