Sukses

Parenting

6 Langkah Pertolongan Pertama Mengatasi Ambeien Pada Anak

Mom, melihat si kecil kesulitan BAB hingga muncul ambeien, rasanya gak tega ya. Melihatnya kesakitan saat mengejan, dikhawatirkan membuat si kecil jadi takut BAB dan pastinya akan berpengaruh pada fungsi pencernaanya. Kasihan ...

Tak hanya pada orang dewasa, anak-anak pun rentan terserang ambeien. Ambeien muncul disebabkan karena sembelit sehingga anus terluka dan berdarah.

Lalu, bagaimana ya mengatasi rasa tak nyaman akibat ambeien pada anak? Berikut ada 6 hal yang dapat Mom sebagai pertolongan pertama:

  1. Isi bak mandi dengan air suam-suam kuku dan biarkan anak berendam di dalamnya, khususnya di daerah sekitar anus. Hal ini akan meredakan rasa sakit dan luka di anus akibat ambeien.
  2. Minimalisir sembelit dengan memberikan asupan serat yang cukup. Jangan lupa pula minum air putih yang banyak dan ajak anak untuk lebih banyak bergerak.
  3. Pakai tissue basah untuk membasuh kemaluan dan anus bayi daripada menggunakan tissue kering yang berpotensi menggesek dan semakin memperparah luka akibat ambeien.
  4. Konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan memberikan krim untuk pengobatan lukanya ya, Mom.
  5. Jika ambeien dirasa semakin parah, dokter akan menyarankan untuk operasi kecil. Pertimbangkan kondisi bayi sebelum memutuskan tindakan operasi.

Ambeien adalah penyakit 'kecil' yang membuat setiap orang tak nyaman, apalagi jika bayi dan anak-anak yang mengalaminya. Jika bayi dan anak-anak Mom mengalami ambeien, ikuti pertolongan pertama dengan langkah-langkah di atas. Semoga lekas sembuh.

(vem/wnd)
;
Loading