Sukses

Parenting

5 Tips Menghentikan Kebiasaan Ngompol Pada Anak-Anak

Anak-anak memang perlu banyak belajar, dan membiasakan diri dengan hal-hal kecil bisa jadi cara yang susah untuk anak-anak, salah satunya adalah kebiasaan ngompol. Ngompol mungkin wajar, namun anak perlu menghentikan hal ini.

Mom bisa memulai membiasakan perubahan saat anak berusia 3-5 tahun. Dikutip dari clevelandclinic.org, Dr. Janjua mengatakan bahwa ngompol wajar hingga anak berusia 5 tahun. Yang mengkhawatirkan adalah ketika anak masih suka ngompol di atas usia 5 tahun.

Masalah utamanya adalah karena biasanya kandung kemih anak belum bisa membiasakan diri, dan kebanyakan anak yang susah keluar dari kebiasaan ini adalah anak laki-laki. Untuk menghentikannya, ini yang dokter sarankan.

1. Mengganti waktu minum malam hari. Banyak minum saat akan tidur hanya akan memperbesar kemungkinan ngompol di pagi hari.

2. Menjadwal pipis. Anak juga perlu dibiasakan untuk pipis setiap 2 jam sekali malam hari dan sebelum tidur.

3. Kurangi makanan dan minuman yang membuat anak gampang pipis. Orangtua sering tak sadar bahwa makanan dan minuman manis semacam cokelat, gula buatan dan punya pewarna makanan bisa sebabkan iritasi pada kandung kemih anak.

4. Jangan membangunkan anak untuk pipis. Terkadang ada orangtua yang sengaja membangunkan anak tengah malam untuk pipis sebelum mereka ngompol. Tak usah melakukan hal ini, ini hanya mengganggu waktu istirahatnya.

5. Jangan dihukum. Marah dan menghukum anak karena ngompol tak akan menyelesaikan masalah. Anak hanya akan tertekan dan merasa takut, dan ketika anak merasa takut, justru memperbesar rasa stres anak.

Anak akan lebih merasa bertanggung jawab jika dijelaskan bahwa ia sudah besar dan sudah saatnya belajar tidak ngompol. Puji anak jika ia tak ngompol malam harinya agar anak bangga dan ini memotivasi agar anak tak ngompol lagi.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading