Sukses

Parenting

5 Trik Asyik Alihkan Kebosanan Anak Saat Travelling Jarak Jauh

Akhirnya, weekend pun tiba. Apakah Mom berencana mengadakan perjalanan ke luar kota di akhir minggu ini? Memang, saat akhir minggu seperti ini adalah saat yang tepat untuk menikmati waktu berkualitas bareng keluarga.

Bepergian jauh mengendarai kendaraan pribadi bersama anak-anak, bisa jadi hal yang menyenangkan atau justru sebaliknya. Banyak hal tak terduga yang bisa saja terjadi, misalnya anak-anak yang rewel karena bosan harus berjam-jam dalam perjalanan. Nah, untuk mengakali rasa bosan dan tidak nyaman dalam perjalanan darat, Mom bisa mempersiapkan 5 hal ini:

    Siapkan tissue basah dan baju ganti sebanyak-banyaknya

    Perjalanan darat yang memerlukan waktu lama cenderung membuat anak tidak nyaman, apalagi jika berkeringat. Tissue basah dan baju ganti yang terbuat dari bahan yang sejuk dan menyerap keringat wajib ada di tas ya, Mom. Sesegera mungkin ganti baju anak jika ia berkeringat atau terlihat tak nyaman.

    Bawa bekal yang tidak mudah berantakan

    Buah potong dan keju adalah bekal pengisi perut yang tepat untuk perjalanan karena mudah dimakan, bergizi dan tidak mudah berantakan.

    Buatlah "Busy Bag" untuk menyibukkan anak-anak

    Anak-anak mudah bosan di perjalanan jika tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan. Oleh karena itu, siapkan 'busy bag' yang berisi benda-benda yang menyibukkan mereka, misalnya: buku mewarnai dan alat mewarnanya, puzzle, LEGO ataupun mainan-mainan kreatif lainnya.

    Buatlah playlist musik khusus

    Mom bisa membuat playlist musik khusus yang diputar sepanjang jalan. Playlist ini bisa berisi lagu-lagu favorit anak-anak, dongeng audio ataupun lagu-lagu pengantar tidur.

    Bermain permainan sepanjang jalan

    Bisa jadi semua hal di atas masih membosankan bagi si kecil. Nah, jika hal ini terjadi, Mom bisa mengajak anak-anak bermain permainan sepanjang jalan. Misalnya dengan menghitung berapa banyak mobil berwarna merah yang melintas, menemukan rumah bercat pagar warna hijau dan sebagainya. Cara ini akan membuat anak semangat menjalani sisa perjalanan.

Perjalanan jarak jauh bersama anak-anak memang menantang. Lama-kelamaan, Mom akan terbiasa dan menemukan cara-cara unik untuk mengalihkan perhatian anak dari rasa bosannya. Happy trip, happy weekend, Mom!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading