Sukses

Parenting

Moms, Sebaiknya Hindari Konsumsi Buah-Buahan Ini Saat Hamil

Saat hamil, kita wajib menjaga pola maka. Kita harus benar-benar memastikan kalau yang kita konsumsi menyehatkan juga aman untuk si kecil dalam kandungan. Penting untuk mengetahui apa yang sebaiknya dikonsumsi dan apa saja yang harus dihindari.

Termasuk soal mengonsumsi buah-buahan. Meski ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah, ternyata ada jenis buah-buahan tertentu yang sebaiknya dihindari. Hal ini karena buah-buahan tertentu bisa mengganggu sistem imun tubuh ibu hamil serta adanya bakteri yang mungkin bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi.

Berikut ini beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari saat sedang hamil beserta alasannya. Let's find out, Moms!

    Buah Nanas

    Buah nanas yang manis dan segar memang menggoda untuk dijadikan rujak atau makanan pencuci mulut. Namun, seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, buah nanas dan jus nanas bisa menginduksi persalinan. Kandungan air buah nanas mengandung bromelain, enzim protease yang membantu proses pencernaan protein. Bromelain ini juga dikenal bisa berfungsi untuk menginduksi persalinan(merangsang kontraksi rahim sebelum kontraksi alami terjadi dengan tujuan mempercepat proses persalinan). Jadi, pastikan dulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah nanas, ya Moms.

    Buah Anggur

    Sejumlah pakar bilang kalau buah anggur boleh dimakan saat hamil tapi ada yang kurang menyarankannya. Salah satu pertimbangan kenapa buah anggur kurang aman dikonsumsi ibu hamil adalah karena zat kimia yang disemprotkan pada buah untuk mengusir hama. Selain itu, kandungan resveratrol pada anggur bisa membuat ibu hamil keracunan dan berdampak buruk pada janin.

    Buah Pepaya Muda

    Kalau mau makan pepaya, pastikan makan yang sudah benar-benar masak, ya Moms. Mengonsumsi buah pepaya muda bisa menyebabkan kontraksi rahim. Bahkan konon sebagian wanita di sejumlah negara menggunakan pepaya sebagai salah satu bahan yang dikonsumsi untuk mengaborsi janin di awal kehamilan, meski hal ini masih belum dikonfirmasi dengan pasti. Sekali lagi, sebaiknya konsumsi buah pepaya yang benar-benar matang untuk mendapatkan kandungan vitaminnya.

Satu hal penting lagi yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah adalah pastikan buah-buahan yang akan dikonsumsi sudah dicuci dengan bersih. Jangan sampai mengonsumsi buah yang masih mengandung pestisida atau bakteri karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan Moms juga bayi dalam kandungan.

Sama halnya jika ingin membuat jus buah, cuci buahnya sampai bersih sebelum dijus. Dan sebaiknya langsung diminum setelah selesai dijus. Tujuannya adalah untuk mencegah tumbuhnya bakteri di dalam jus yang kita minum.

Untuk lebih amannya memang berkonsultasi dengan dokter, ya Moms. Pastikan Moms dapat pengarahan yang tepat soal pola makan terbaik selama kehamilan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Moms dan bayi dalam kandungan.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading