Sukses

Parenting

Anak Cerdas Terlahir dari Ibu yang Cerdas, Menurut Penelitian

Fimela.com, Jakarta Perempuan wajib berpendidikan tinggi, berwawasan luas dan memiliki kecerdasan yang baik, karena ternyata anak cerdas kuncinya terlahir dari ibu yang cerdas. Seperti yang kita tahu, kecerdasan anak tergantung pada banyak hal, secara internal maupun eksternal.

Secara eksternal, anak mendapatkan kecerdasan otaknya dari kebiasaan rajin belajar atau lingkungan yang mendukung untuk menyerap banyak ilmu pengetahuan. Secara internal, faktor utamanya adalah gen orangtua, baik dari ayah maupun ibu. Tidak mengejutkan jika kecerdasan orangtua bisa menurun kepada anak. Dan ibu berperan dalam membangun kecerdasan anak.

Ibu cerdas melahirkan anak yang cerdas

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychology Spot menemukan bahwa anak cerdas terlahir dari ibu yang cerdas. Anak yang terlahir ke dunia pasti membawa gen dari ayah dan ibunya, dan ketika bicara tentang kecerdasan anak, maka itu dominan berasal dari gen ibunya.

Dulu orang percaya bahwa kecerdasan anak berasal dari kedua orangtuanya, baik ayah maupun ibu. Namun ternyata gen yang menentukan intelegensi seseorang terletak pada kromosom X, yang mana kromosom tersebut dibawa lebih banyak oleh perempuan. Karena perempuan membawa dua kromosom X dan pria hanya membawa satu, anak-anak dua kali lipat lebih memungkinkan mendapatkan kecerdasan dari ibu mereka.

Gen ibu berperan menentukan kecerdasan anak

Dalam penelitian tersebut juga dikatakan, bahkan jika ayah menyumbangkan beberapa gen kecerdasan untuk anaknya, kemungkinan gen tersebut tidak akan berdampak banyak pada otak anak karena gen kecerdasan hanya akan bekerja ketika itu berasal dari sang ibu.

The Medical Research Council Social and Public Health Sciences Unit juga telah melakukan penelitian pada tahun 1994. Peneliti melakukan interview pada 12.686 orang antara usia 14-22 tahun dari berbagai ras, pendidikan dan status ekonomi mengenai tingkat IQ, dan menemukan bahwa mereka yang tumbuh cerdas berasal dari ibu yang cerdas.

Jadi tutuplah telinga jika ada yang meremehkanmu "sarjana tapi di rumah aja". Tidak ada yang sia-sia dari "sekolah yang tinggi" bahkan jika kamu memilih untuk menjadi ibu rumah tangga full-time, karena menjadi perempuan cerdas dan menempuh pendidikan tinggi justru menjadi bekal mendapatkan buah hati yang cerdas IQ tinggi sehingga ia punya kemungkinan sukses di masa depan, Moms.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading