Sukses

Parenting

Seberapa Jorok Dot Yang Jatuh Ke Lantai? Ini Yang Perlu Ibu Tahu

Dot mungkin sekarang bukan jadi alat yang baik untuk diberikan pada anak, karena banyak ahli kesehatan bilang bahwa dot menghambat pertumbuhan gigi. Tapi bagaimana pun juga dot mampu memberi manfaat untuk membiasakan anak agar tidak minum terlalu banyak.

Tapi bagaimana jika dot anak jatuh? Dot tentu akan bersentuhan dengan apa pun di tempatnya jatuh. Tapi seberapa kotor dan joroknya dot ketika terjatuh dan apa yang harus Moms lakukan?

Tentu saja mengusap dengan tangan tak jadi jawaban yang tepat. Dikutip dari parenting.com, para ahli mengatakan bahwa itu menjijikkan. Bukan hanya terkena bakteri dan kuman tapi bisa juga mengandung virus penyakit.

Ada juga ibu yang mengatasinya dengan menjilat dot lebih dulu sebelum diberikan lagi pada anak karena menganggap dirinya bersih. Hal ini juga salah. Mengapa ibu harus menjilat dot yang sudah jatuh? Ini tak menyelesaikan masalah karena mulut orang dewasa justru punya lebih banyak bakteri, apalagi penyebab gigi berlubang.

Lalu bagaimana mengatasinya? Tentu saja Moms harus mencucinya hingga bersih. Bilas di air mengalir dan cuci bersih gunakan sabun untuk menghilangkan bakteri. Bahkan jika kamu sedang keluar dan tidak dekat dengan kran air, usahakan selalu membawa botol air untuk mencuci dot.

Masih ada para ibu yang membelikan dot untuk anaknya. Asal tidak dibiasakan dan diberikan dalam jangka waktu lama, dot tak akan memberi efek negatif. Dan jika kebetulan jatuh, Moms tahu apa yang seharusnya dilakukan agar tetap bisa menjaga kesehatan anak.

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading