Sukses

Parenting

Cara Baru Sayangi Orangtua, Biarkan Mereka Berlibur Sendiri

Saat masuk ke dalam usia dewasa, kita sebagai anak memiliki peran yang terbalik dengan orangtua. Kita yang dulunya mereka lindungi, sekarang berbalik, kitalah yang kini mengayomi dan melindungi mereka. Ayo mengaku, berapa kali kamu melarang mereka melakukan suatu hal hanya karena khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Orangtua manapun akan merasa bersyukur memiliki anak yang penyayang seperti kamu, Ladies. Namun, deep down inside, mereka juga masih punya keinginan untuk melihat dunia dan berkegiatan di luar sana. Kalau kamu butuh ngumpul bareng teman, begitu pun dengan orang tua kamu. Jika kamu mau refreshing, mereka juga butuh refreshing.

Jika orang tua ingin pergi berlibur, well, sebaiknya tidak lagi melarang orang tua kamu bepergian. Kekhawatiranmu jika orang tua berlibur sendiri atau berdua saja tidak perlu kamu cemaskan lagi. Sebab kini sudah ada paket liburan khusus lansia. Sesuai dengan namanya, paket liburan ini diperuntukkan bagi mereka berusia di atas 55 tahun dengan lokasi wisata yang ramah bagi para mereka yang berusia lanjut.

"Grup liburan ini berisi anggota dengan jumlah kecil. Sebelum pergi, mereka akan ditanya soal kondisi kesehatannya, apakah ada obat yang dibutuhkan atau tidak," demikian ujar dr. Rahmi Alfiah Nur Alam,Sp.Rad (K), ketika ditemui di Hotel Grand Shaid Jakarta, Senin, 10 Oktober 2016.

dr.Rahmi Alfiah Nur Alam,Sp.Rad (kanan) saat memamparkan wisata lansia di Jakarta || Foto: copyright vemale.com/Zika Zakiya

Ditambahkannya, setiap paket wisata lansia ini akan dipandu oleh seorang care giver (perawat khusus) dan tim dokter. Care giver sendiri sudah dibekali pengetahuan mengenai kondisi anggota rombongan dan cara mengatasi ketika masalah datang di saat liburan.

Selain itu ada beberapa ketentuan khusus untuk paket liburan lansia, yakni tidak berkendara selama 12 jam, memperhatikan suhu pendingin udara, dan lebih banyak mengunjungi destinasi yang mengarah pada interaksi dengan masyarakat. Termasuk kegiatan seni dan budaya, serta tidak memiliki jadwal yang terlalu padat.

Salah satu pihak penyelenggara paket liburan bagi lansia ini adalah Elm Wood. Pihak disebut terakhir ini merupakan penyelenggara tur khusus lansia pertama di Indonesia dan berakar dari para diaspora (masyarakat Indonesia di luar negeri) di lima benua.

"Masuk usia pensiun bukan artinya hidup berakhir. Sebagai anak, kita pun melepas orangtua berwisata dengan hati tenang karena sudah ada persiapan dan tempat wisata yang khusus," kata Founder Elm Wood, Albert Wibisono.

Bulan September 2016 lalu, Elm Wood sudah melakukan tur pertamanya yang melibatkan wisatawan lanjut usia dari Australia dan Indonesia. Tujuannya adalah ke wilayah Sentul dan Jampang Village di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Nah, jika orang tua kamu memang suka traveling dan ingin berlibur, paket liburan khusus lansia ini bisa jadi pilihan. Orang tua happy, kamu juga happy.

(vem/Zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading