Sukses

Parenting

Moms, Begini Tips Mudah Mengajarkan Anak Rajin Sikat Gigi

Gigi merupakan salah satu bagian terpenting yang harus dijaga. Seperti yang kita tahu, bagian terkeras dalam tubuh ini berfungsi merobek dan mengunyah makanan yang membuat tubuh jadi lebih berenergi. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk setiap orang tua agar mengajarkan anak rajin menyikat gigi sejak dini. Tentunya hal ini dilakukan agar ia terhindar dari berbagai masalah gigi dan mulut. Apalagi, mengingat bahwa sering kali saat malam aktivitas gigi selalu terabaikan. Mengajarkan sikat gigi kepada si kecil memang tak semudah membalik telapak tangan. Mom harus bisa lebih cermat dalam memberikan edukasi tentang manfaat dan bahaya tidak menyikat gigi. Dalam agenda mengedukasi ini, contoh termudah yang dapat dilakukan adalah anak-anak melihat langsung bagaimana orangtua rajin sikat gigi. Dalam memberikan edukasi tersebut haruslah dengan cara yang menyenangkan seperti bercerita. Hal ini agar pengetahuan tentang sikat gigi lebih mudah diserap oleh anak-anak. Psikolog anak, Vera Itabiliana, Psi, menyarankan agar sebaiknya Mom menggunakan cerita berbentuk fabel untuk membiasakan anak mau sikat gigi.

"Anak kan pekerjaannya main, jadi kita harus mengajari anak sambil bermain agar aktivitas belajar ini makin menyenangkan. Salah satu contohnya yakni mengajak anak berpetualang melalui cerita. Saat menikmati cerita fabel berdua dengan anak, ini akan membentuk kedekatan fisik dan emosi antara ibu dan anak yang lebih baik." ujar Vera.

Selain itu, anak yang sedang berkembang daya imajinasinya biasanya menyukai cerita fabel atau objek bentukan imajinasi lainnya. Karakter hewan menjadi salah satu yang paling digemari anak. Melalui cerita, hewan dibuat berperilaku seperti manusia sehingga memudahkan orang tua untuk menanamkan nilai-nilai perilaku kepada anak. Cara ini menghindarkan anak dari rasa bosan dan merasa digurui. Anak juga mudah terhibur dan rasa empatinya akan muncul dengan lebih maksimal.

"Cerita sering kali membagi perkembangan persepsi anak. Mulai dari perkembangan memori, proses berpikir, perasaan dan emosi anak. Melalui cerita, anak juga bisa belajar berkomunikasi secara efektif. Aktivitas ini juga akan memperkuat hubungan interpersonalnya." tambah Vera.

Mengenai cerita fabel, Mom pun bisa mendapat cerita fabel tersebut dari cerita petualangan Mama Sigi dan Pepo yang hadir dalam 21 cerita berbeda. Cerita fabel ini dapat diperoleh lewat Facebook Pepsodent. Atau, cerita berbasis audio yang bisa dipesan lewat telepon genggam dengan menekan *200*188#. Tak perlu khawatir, pemesanan ini bisa dilakukan dengan gratis kok. Semoga tips ini bermanfaat dan Mom semakin mudah untuk mengajarkan kebiasaan sikat gigi pada anak.

(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading