Sukses

Parenting

Mood Sering Nggak Jelas Saat Hamil? Ini Tips Mengatasinya

Selama menjalani masa kehamilan, tubuh akan mengalami sejumlah perubahan hormonal. Perubahan ini bisa mempengaruhi kulit, gigi, rambut, tubuh, dan emosi. Sehingga tak heran kalau mood atau suasana hati sering nggak jelas saat hamil.

Perubahan mood yang naik turun ini (mood swings) pada umumnya adalah hal yang normal dialami oleh ibu hamil. Selain faktor hormonal, mood swings ini pun bisa disebabkan oleh rasa cemas berlebihan saat hamil serta gangguan kesehatan lainnya. Untuk mengatasi mood yang sering nggak jelas seperti ini ada tips-tips sederhana yang bisa kita pilih. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

    Buat Diri Serileks Mungkin

    Coba luangkan waktu khusus untuk liburan atau bersantai sejenak. Lakukan hobi atau kegiatan yang bisa membuat kita gampang merasa bahagia. Kalau belanja bisa bikin happy, coba jadwalkan waktu khusus untuk belanja. Sesekali memanjakan diri selama hamil bisa bantu kestabilan emosi dan mood.

    Olahraga Ringan

    Jalan kaki santai di pagi hari atau sore hari bisa jadi cara paling mudah untuk membuat suasana hati lebih baik. Kadang perasaan stres dan tertekan itu muncul karena kita kurang udara segar.

    Curhat Sama Suami

    Menunggu kelahiran sang buah hati bisa menghadirkan perasaan cemas tersendiri. Untuk meredakannya, kita bisa coba curhat sama suami. Berbagi perasaan dan mengungkapkan beban yang dirasa bisa jadi cara untuk membuat mood jadi lebih baik.

    Bergabung dengan Support Group

    Support group di sini bisa teman-teman yang juga sama-sama hamil atau grup yang sengaja dibentuk oleh rumah sakit atau organisasi kesehatan. Kadang yang membuat emosi kita naik turun adalah karena kita merasa kesepian. Dengan memiliki rekan atau teman yang seperjuangan, setidaknya kita bisa merasa lebih nyaman.

    Menghubungi Dokter

    Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, kalau kamu sudah merasa depresi, apalagi jika perasaan depresinya sudah lebih dari dua minggu, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter nantinya akan memberi perawatan, resep, atau bantuan yang sesuai dan aman untuk kehamilanmu.

Setiap ibu hamil bisa mengalami kondisi dan situasi yang berbeda selama menjalani kehamilan. Mood swings umumnya merupakan hal yang normal yang dirasakan oleh ibu hamil. Tapi jika kondisinya sampai membuat depresi dan merasa sangat tertekan, ada baiknya untuk segera cari bantuan.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading