Sukses

Parenting

Awas, Terbiasa Temani Anak Tidur Bisa Membuatnya Jadi Penakut!

Sebagai ibu, kamu pasti akan menemani anak tidur saat ia masih bayi hingga balita kan? Anak memang tak bisa ditinggal jika ia sedang tidur, karena anak bisa saja terbangun jika ditinggal tidur sendirian.

Tapi alangkah baiknya jika kamu juga mulai membiasakan anak untuk tidur sendiri atau paling tidak jauh darimu. Karena ternyata sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur satu tempat tidur dengan anak bisa berpotensi membuat anak cemas, gampang takut dan bahkan depresi.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Affective Disorders ini melihat efek tidur bersama ibu pada 3.583 anak-anak di Brazil. Peneliti membagi anak-anak menjadi beberapa kelompok usia mulai dari 3 bulan hingga 6 tahun dan menganalisis apakah anak memiliki kecenderungan mengembangkan gangguan seperti kecemasan atau depresi.

Hasilnya, anak-anak yang lebih sering tidur satu tempat tidur dengan ibunya memiliki kecenderungan tinggi mengalami gangguan kesehatan mental dibanding mereka yang jarang atau tidak tidur dengan ibu atau orangtuanya.

Tentu saja penelitian ini masih butuh banyak pengembangan. Tapi jika dilihat dari kebanyakan anak, beberapa anak penakut dan mudah khawatir biasanya masih tidur dengan ibunya. Anak akan mengembangkan rasa berani jika Moms melakukan pembiasaan perlahan agar bisa tidur sendirian.

Jadi, sekarang sudah tahu kan apa yang kamu lakukan Moms? Yuk mulai biasakan anak untuk tidur sendirian ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading