Sukses

Parenting

Ibu Hamil Jangan Kebanyakan Makan yang Manis-Manis, Alasannya...

Saat hamil ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Tak terkecuali soal makanan. Ada jenis makanan tertentu yang sebaiknya dikonsumsi lebih banyak saat hamil. Tapi ada jenis makanan tertentu yang kurang dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil.

Salah satu yang perlu diperhatikan saat hamil adalah jangan kebanyakan makan yang manis-manis. Meski tidak dilarang, tapi terlalu banyak makan yang manis-manis saat hamil bisa berdampak kurang baik. Apalagi jika yang dikonsumsi kebanyakan adalah jenis cake, permen, dan berbagai minuman bersoda lainnya. Sekali dua kali makan yang manis-manis tak apa, asal jangan sampai berlebihan. Kalau kebanyakan makan yang manis-manis, dampaknya bisa sangat buruk, berikut info lengkapnya.

    Memperparah Kondisi Selama Kehamilan

    Selama hamil, kita akan mengalami sejumlah kondisi. Seperti mual, muntah-muntah, suasana hati yang tak tentu, hingga heartburn (gejala utama dari penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), yang terjadi ketika isi lambung kembali naik ke kerongkongan (esofagus)). Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, kalau terlalu banyak mengonsumsi yang manis-manis selama kehamilan, kondisi-kondisi tersebut bisa makin parah.

    Mengalami Kekurangan Gizi

    Penting bagi ibu hamil untuk memenuhi semua kebutuhan gizi. Kalau yang dikonsumsi kebanyakan yang manis-manis dan terlalu banyak gula, bisa-bisa malah kebutuhan gizi yang lain tak terpenuhi. Hal ini nantinya juga bisa berdampak pada tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

    Gampang Capek

    Hal yang normal jika jadi gampang lelah selama kehamilan. Tapi kondisi ini bisa makin parah kalau makanan yang dikonsumsi terlalu banyak gulanya. Saat kita mengonsumsi makanan yang manis-manis, kadar gula darah bisa meningkat. Dampaknya tubuh jadi gampang capek dan lelah.

    Bayi Berisiko Terkena Diabetes Saat Besar Nanti

    Jika selama kehamilan, ibu terlalu banyak makan yang manis-manis, bayi dalam kandungan bisa ikut "tertular" suka makanan manis. Saat sudah lahir pun, bayi jadi lebih menyukai makanan yang manis dan nafsunya bisa sulit untuk dikontrol. Dampak jangka panjangnya adalah ia bisa terkena diabetes dan risiko penyakit lainnya saat ia besar nanti.

    Naiknya Berat Badan Tak Terkendali

    Kebanyakan makan yang manis-manis bisa menyebabkan naiknya berat badan jadi tak terkendali. Memang hal yang normal jika berat badan naik saat hamil. Tapi kalau kebanyakan makan yang manis-manis selama hamil, maka berat badan yang naik bisa makin tak terkendali. Tak hanya itu saja, nantinya juga akan kesulitan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Penting bagi ibu hamil untuk bisa mengatur pola makan sebaik mungkin. Tak mengonsumsi gula berlebihan dan perbanyak konsumsi buah dan sayur yang dianjurkan. Kalau ada keinginan atau hasrat untuk ngemil, coba atasi dulu dengan makan buah-buahan. Minum jus buah boleh tapi jangan diberi tambahan pemanis apa-apa lagi.

Moms, sehat terus selama kehamilan ya.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading