Sukses

Parenting

Menurut Studi, Melahirkan di Atas Usia 35 Baik Buat Otak

Bagi setiap wanita, mengandung dan melahirkan adalah salah satu moment yang begitu dinanti. Mengandung dan melahirkan juga telah menjadi salah satu moment yang begitu mengesankan serta diimpikan oleh semua orang. Berbicara mengenai mengandung dan melahirkan, sebaiknya hal ini dilakukan ketika seorang wanita berusia antara 20 sampai 40 tahun. Kurang atau lebih dari usia tersebut dikatakan bisa saja sangat berisiko buat kesehatan.

Tapi nih ya, penelitian terbaru yang dipublikasikan di dalam Journal of American Geriatrics Societymenyebutkan bahwa wanita yang hamil dan melahirkan di usia atas 35 tahun akan memiliki otak yang lebih sehat. Ibu yang melahirkan di atas usia 35 tahun juga dikatakan akan rendah terhadap risiko stroke maupun jantung. Menariknya lagi, para peneliti menyebutkan bahwa melahirkan di usia atas 35 tahun akan rendah terhadap risiko alzheimer.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, para peneliti yang telah melakukan penelitian setidaknya pada 830 wanita dengan usia rata-rata 50 tahun, ditemukan bahwa mereka yang masih melahirkan di usia 35 ke atas memiliki kemampuan otak yang mengesankan. Wanita-wanita ini juga bisa berpikir lebih kritis dan mengesankan. Sementara untuk wanita yang melahirkan di bawah usia 35 tahun, mereka ditemukan cenderung lebih sulit untuk berpikir dan bahkan mengalami gejala alzheimer yang lebih serius.

Dr Roksana Karim, seorang penulis penelitian dari University of Southern California mengatakan, "Penelitian kami menemukan bahwa wanita dengan usia 35 ke atas dan melahirkan, mereka cenderung memiliki otak yang lebih sehat dan kemampuan mengingat yang lebih baik. Kelahiran di usia 35 tahun ke atas akan mempengaruhi hormon dalam tubuh dan menuntut seseorang untuk berpikir lebih kritis serta dewasa. Karena itulah, sangat memungkinkan wanita yang melahirkan di usia ini akan memiliki otak yang sehat dan terhindar dari risiko alzheimer."

Tak hanya berpengaruh pada kesehatan otak saja, kebaikan melahirkan di usia 35 tahun ke atas ini juga sangat berpengaruh pada kesehatan organ tubuh lainnya. Hanya saja, meski dalam beberapa sisi ia sangat baik buat kesehatan, melahirkan di atas usia 35 juga sangat berisiko pada ibu maupun bayi di dalam kandungan.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai temuan ini, para ahli sedang melakukan penelitian lanjutan dan akan memastikan apakah melahirkan di usia 35 tahun ke atas memiliki dampak positif bagi kesehatan atau justru sebaliknya. Semoga, informasi ini bermanfaat. Buat bunda yang sedang merencanakan program kehamilan, usahakan untuk senantiasa berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang memang telah ahli dalam bidang ini. Jangan segan pula untuk memeriksakan kondisi kesehatan bunda, terlebih lagi jika bunda merasa ada yang kurang nyaman dengan kesehatan

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading