Sukses

Parenting

Mom, Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Masa kehamilan adalah waktu yang ditunggu oleh calon ibu. Menjaga kesehatan calon bayi adalah hal utama yang dilakukan seorang calon ibu. Memastikan kesehatan janin agar tetap sehat. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan janin adalah dengan menjaga pola makan. Menjaga asupan nutrisi sangat penting dilakukan oleh calon ibu.

Mom, berikut adalah makanan yang harus dihindari saat hamil. Hal ini penting agar kesehatan janin tetap terjaga.

    Telur Setengah Matang

    Jika Mom suka mengonsumsi telur yang dimasak setengah matang, sebaiknya saat hamil hindari makanan ini. Bisa jadi telur yang dimasak setengah matang adalah sumber penyakit tertentu. Saat hamil, Mom juga harus memperhatikan alat makan yang digunakan. Pastikan kesebersihannya.

    Minuman Mengandung Kafein

    Mom penggemar teh atau kopi? Sebaiknya hentikan kebiasaan minum teh dan kopi saat hamil. Kebiasaan mengonsumsi kafein dapat mempengaruhi berat badan janin. Hal ini juga dapat menyebabkan kurangnya penyerapan zat besi.

    Nanas

    Zat bromelain yang terkandung dalam buah nanas dapat menyebabkan leher rahim melunak. Zat ini dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran. Selain itu nanas juga mengandung alkohol yang tidak baik untuk kesehatan janin.

    Sayuran yang Memiliki Rasa Pahit

    Beberapa sayur memiliki rasa pahit tidak baik untuk kesehatan ibu hamil. Sayuran ini antara lain pare dan daun pepaya. Sayuran yang memiliki rasa pahit bersifat dingin, yang dapat mengganggu kesehatan janin dalam kandungan.

    Sayuran dan Buah yang Tidak Dicuci Bersih

    Saat masa kehamilan mencuci sayur dan buah yang akan dikonsumsi sangat penting Mom lakukan. Hal ini penting untuk menghindari racun dan zat berbahaya lainnya yang masih menempel pada buah dan sayur. Saat hamil juga disarankan untuk tidak mengonsumsi sayuran yang masih mentah.

    Makanan dengan Pemanis Buatan

    Saat hamil batasi makan makanan yang mengandung sakarin atau pemanis buatan. Makanan dengan pemanis buatan biasanya dijual di tempat umum. Alih-alih jajan sembarangan, untuk memenuhi kebutuhan camilan Mom dapat membuatnya sendiri di rumah. Sehingga kualitas bahan dan kebersihannya terjamin.

    Keju Lunak

    Mengonsumsi keju memang baik untuk kesehatan. Namun disarankan saat hamil untuk menghindari mengonsumsi keju yang lunak. Keju jenis ini biasanya mengalami proses pasteurisasi yang dapat menyebabkan infeksi.

Mom, demikian 7 makanan yang harus dihindari di masa kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat dan kesehatan janin pun ikut terjaga. Selamat mencoba.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading