Sukses

Parenting

4 Menu Sehat MPASI Untuk Buah Hati Bisa Dibuat di Rumah

Bagi setiap Mom yang memiliki buah hati bayi, saat usia bayi telah sampai 6 bulan, penting bagi bayi diperkenalkan dengan makanan pendamping asi (MPASI). Lepas usia 6 bulan, asupan nutrisi dan gizi lain selain air susu ibu (ASI) sangat diperlukan bayi. Tentunya ini demi menunjang pertumbuhan serta perkembangan bayi. ASI saja tak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati.

Tapi ingat, MPASI yang boleh diberikan pada buah hati adalah MPASI sehat dan bertekstur lembut lho ya. Hindari memberi asupan garam dan gula saat usia bayi masih kurang dari 1 tahun. Sayur, buah dan berbagai bahan makanan alami MPASI sebenarnya sudah mengandung garam dan gula alami di dalamnya. Ngomongin soal menu MPASI, kali ini Vemale memiliki beberapa menu sehat MPASI buat bayi. Apa saja menunya? Simak berikut ini.

Pure Buah (Alpukat, Pepaya atau Pisang)
Makanan MPASI pertama yang sangat sehat dan mudah dibuat adalah pure buah. Buah tersebut antara lain adalah alpukat, pisang, pepaya dan buah lain yang memiliki rasa manis, tidak terlalu asam serta teksturnya yang lembut. Cara membuatnya sangat mudah. Kamu bisa mengupas buah seperti biasa, mengambil daging buah terbaiknya dan menghaluskannya dengan cara diblender atau sekedar di penyet-penyet di dalam mangkok lalu diberikan pada buah hati.

Bubur Jagung Manis
MPASI selanjutnya adalah bubur jagung manis. Pilih jagung muda yang masih segar lalu serut bijinya. Blender hingga halus dan tambahkan sedikit air. Masak hingga bubur jagung mendidih dan matang. Tak perlu menambahkan gula atau garam karena rasa jagung sudah sangat lezat dan manis. Kalau ingin jagung berasa lebih segar dan nikmat, kamu bisa menambahkan air jeruk peras khusus buat bayi.

Nasi Tim Ikan Salmon
Agar kecukupan protein buah hati terpenuhi dengan baik, berikan MPASI olahan ikan. Ikan yang baik buat buah hati usia di bawah 1 tahun adalah ikan salmon. Ikan salmon bisa dibuat sebagai menu tambahan di nasi tim. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan 1 sdm beras merah, 2 potong fillet ikan salmon, segenggam bayam hijau dan sejumput kacang merah. Bersihkan semua bahan. Rebus beras merah bersama ikan salmon hingga matang dan teksturnya lembut. Rebus daun bayang dan kacang merah hingga matang serta empuk. Jika semua bahan telah matang, blender semua bahan dengan ditambahkan sedikit air. Blender hingga halus lalu berikan untuk menu MPASI di pagi dan sore hari.

Nasi Tim Ayam
Selain nasi tim ikan salmon, berikan nasi tim ayam pada buah hati. Cara membuatnya sangat mudah. Siapkan 1 sdm beras merah, setengah gelas santan, sepotong daging dada ayam kampung, 1 buah wortel, kaldu ayam dan sejumput kacang merah. Masak beras merah bersama santan dan kaldu ayam hingga setengah matang. Masukkan wortel dan kacang merah. Masak semua bahan hingga matang dan empuk. Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan. Blender semua bahan hingga halus lalu saring dan berikan sebagai MPASI sehat buat buah hati.

Mom, itulah beberapa menu MPASI sehat buat buah hati. Selain menu di atas, menu lain yang juga bisa Mom berikan adalah pure kentang kukus, nasi tim merah, jus bubur kacang hijau, pure wortel, pure ubi jalar dan pure labu. Semoga informasi ini bermanfaat dan buah hati di rumah semakin sehat, tumbuh kembangnya mengesankan dan cerdas.



(vem/mim)
Loading