Sukses

Parenting

Penting Moms, Penuhi 5 Prenatal Vitamin Ini Di Awal Kehamilan

Apakah beberapa hari yang lalu kamu menemukan dua garis merah pada tespek yang kamu beli di apotek? Wah…selamat ya. Meskipun kebanyakan wanita tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil, tapi awal kehamilan bisa ditandai dengan telatnya menstruasi selama 2 minggu sejak menstruasi terakhirmu. Dalam fasenya, minggu pertama termasuk dalam trimester pertama.

Dalam minggu pertama ini janin memang masih dalam proses pembentukan, tapi asupan nutrisi yang kamu konsumsi sudah mulai perlu diperhatikan. Sebenarnya makan seperti hari-hari biasa saja sudah cukup karena kebutuhan calon bayi juga belum banyak. Tapi alangkah baiknya jika kamu mulai memenuhi beberapa asupan
nutrisi untuk perkembangan bayi.

Beberapa vitamin dan mineral perlu dipenuhi sejak dini yang disebut dengan Prenatal Vitamins. Ini merupakan suplemen yang berisi vitamin dan mineral yang baik dikonsumsi sebelum dan selama masa kehamilan. Sebenarnya ini hampir sama dengan suplemen vitamin lainnya, namun yang menjadikannya berbeda
adalah adanya beberapa kandungan nutrisi yang mendukung kebutuhan untuk ibu hamil. Ini nutrisi yang termasuk dalam Prenatal Vitamins.

    Asam Folat

    Ini adalah nutrisi yang paling kamu butuhkan, vitamin yang bisa mencegah perkembangan abnormal pada otak dan tulang belakang bayi. The March of Dime merekomendasikan wanita mengonsumsi 400 mikrogram asam folat per harinya sebelum hamil, dan tingkatkan asupannya hingga 600 mikrogram selama kamu hamil.

    Vitamin D

    Vitamin D membatu penyerapan kalsium yang masuk ke tubuh sehingga lebih optimal dalam pembentukan tulang, gigi dan otot bayi. March of Dimes menyarankan ibu hamil untuk mencukupi 600 IU vitamin D per hari selama masa kehamilan. Beberapa dokter bahkan menyarankan 800-1000 IU, tergantung kondisi ibu.

    Zat Besi

    Kamu butuh asupan zat besi dua kali lipat dari kebutuhan biasanya karena calon bayi akan sangat membutuhkan banyak zat besi untuk pembentukan tulang. Ibu hamil disarankan memenuhi zat besi sebanyak 27 miligram per harinya.

    Kalsium

    Kalsium juga merupakan mineral lain yang penting untuk perkembangan tulang, gigi, otot, syaraf dan bahkan jantung bayi. Dan ibu hamil disarankan untuk memenuhi kalsium sebesar 1.000 miligram per harinya.

    Iodin

    Iodine dibutuhkan untuk pembentukan otak bayi dan sistem sarafnya. Selama hamil, ibu disarankan mengonsumsi 200 mikrogram per hari. Makanan semacam ikan dan susu mengandung mineral ini.

Jadi Moms, meskipun di minggu pertama si kecil masih belum terlihat perkembangannya dan asupan makanan belum banyak berubah, namun vitamin yang cukup harus tetap terpenuhi. Diskusikan dengan dokter agar lebih jelas ya.

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Suka-Duka Saat Mengandung, Lelahnya Terbayar Sempurna
Artikel Selanjutnya
Ingin Subur dan Cepat Hamil? Yuk Makan Buah Ini Ladies