Sukses

Parenting

5 Aktivitas Sederhana untuk Memperkuat Ikatan Orang Tua dan Anak

Setiap orang tua pasti ingin memiliki ikatan yang kuat dan dekat dengan anak-anak. Dan untuk membangun sebuah ikatan yang dekat juga perlu usaha. Tak bisa hanya dengan kata-kata atau menyuruh ini itu.

Ada sejumlah aktivitas sederhana yang bisa dilakukan bersama anak untuk membangun ikatan kuat antara orang tua dan anak. Aktivitas-aktivitas ini bisa dilakukan di rumah dan nggak keluar banyak uang. Selengkapnya, yuk kita bahas lima ide yang bisa langsung dicoba.

    Membuat Kue Bersama

    Coba pilih kue yang gampang dibuat bersama anak-anak. Luangkan waktu khusus di dapur untuk bereksperimen dengan berbagai bahan dapur. Kegiatan seru membuat adonan, mencetak kue, dan antusiasme menunggu kue matang bisa jadi kegiatan yang menyenangkan.

    Piknik di Taman

    Nggak perlu jauh-jauh untuk menghabiskan hari libur. Coba saja piknik ke taman. Bawa bekal dari rumah, lalu pergi ke taman terdekat. Menikmati makanan sederhana sambil ngobrol dan bergurau bisa meningkatkan kedekatan orang tua dan anak. Murah meriah dan seru, kan?

    Bikin Kerajinan Tangan Bersama

    Membuat kerajinan tangan bersama bisa jadi kegiatan menyenangkan yang bisa meningkatkan kedekatan orang tua dan anak. Di sini kita sebagai orang tua juga bisa belajar berkomunikasi yang efektif dengan anak melalui pemberian instruksi yang jelas. Juga belajar untuk bekerja sama untuk membuat karya kerajinan yang bagus.

    Nonton Film "Layar Tancap"

    Zaman sekarang mungkin sudah tidak ada ya yang namanya layar tancap. Tapi kita bisa membuatnya sendiri dengan membentangkan layar atau kain putih lalu disorot dengan proyektor untuk menonton film. Saat cuaca cerah, menghabiskan akhir pekan nonton film layar tancap di halaman rumah pasti menyenangkan.

    Berkebun atau Bercocok Tanam

    Ada ruang halaman atau petak kebun yang kosong? Coba manfaatkan saja. Tanam biji-bijian atau tunas tanaman di sana. Kegiatan ini bisa sangat positif, mengajarkan anak soal berkebun, juga tanggung jawab merawat tanaman. Kotor sedikit nggak apa-apa, kok.



Ada banyak kegiatan sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kedekatan dengan anak. Yang penting kita sebagai orang tua bisa meluangkan waktu secara khusus untuk melakukan sebuah hal menyenangkan bersama anak.  




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading