Sukses

Parenting

Ajak Si Kecil Menabung Sejak Dini

Mom kapan sih sebenarnya mulai mengenalkan manfaat menabung bagi si kecil? Dan bagaimana mengajarkan makna uang bagi si kecil? Ternyata mengajarkan anak sejak dini tentang menabung dapat membantu si kecil lebih menghargai uang. Sayangnya mengajarkan menabung sejak dini tidaklah muda.

Meskipun sulit bukan berarti tidak bisa bukan? Mom, berikut ini adalah cara untuk mengajarkan menabung sejak usia dini. Yuk, simak tips dari vemale berikut ini.

    Berikan Batasan Uang Jajan

    Sejak dini mulailah untuk mengajarkan disiplin dalam menggunakan uang jajannya. Mulai dengan memberikan batasan uang jajan harian bagi si kecil. Tekankan pada si kecil bahwa ia hanya boleh jajan dengan uang sejumlah yang telah disepakati.

    Ingin Satu Barang? Menabung Dulu

    Ajarkan si kecil untuk disiplin menabung dengan memberikan pemahaman tentang manfaatnya. Ajarkan untuk mendapatkan yang ia inginkan harus berusaha dulu yaitu dengan menabung. Dengan memberikan contoh langsung manfaat menabung akan membuatnya lebih mudah menerimanya.

    Buatkan Tabungan Atas Namanya Sendiri

    Berikan kepercayaan dan rasa bangga pada si kecil dengan membuatkan tabungan atas namanya sendiri. Melihat namanya tercantum di buku tabungan akan membuatnya merasa bangga dan membuatnya merasa dipercaya. Ia akan belajar bertanggungjawab dengan yang dimilikinya.

    Tidak Selalu Menuruti Permintaannya

    Belajarlah untuk sedikit lebih 'tega' pada anak. Mom, tidak harus membelikan barang yang tidak diperlukan si kecil. Meskipun ingin membahagiakan si kecil dengan mainan mahal, lebih baik lihat dulu manfaatnya. Jangan ajarkan anak untuk konsumtif sejak dini.

    Berikan Gambaran Manfaat Menabung untuk Jangka Panjang

    Untuk si kecil yang mulai tumbuh remaja, berikan pemahaman mengenai pentingnya menabung untuk masa depannya. Berikan contoh yang telah Mom lakukan bersama pasangan, misalnya dengan menabung maka Mom dapat membeli rumah, mobil yang dilihat dari segi harganya setiap tahun semakin mahal.

    Memberikan pemahaman tentang hal ini akan membuat si kecil merasa lebih semangat untuk menabung.

Nah, bagaimana menurut Mom? Mengajarkan hal baik bagi si kecil sangat penting agar di masa depan ia dapat lebih disiplin. Tertarik mencoba?

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading