Sukses

Parenting

Aktivitas di Rumah Bikin Anak Tak Lagi Bosan Saat Weekend Panjang

Pekan ini adalah pekan yang memiliki hari libur panjang di akhir pekan. Untuk pekan depan dan depannya lagi, nampaknya juga akan menjadi pekan dengan akhir pekan yang panjang. Untuk mengisi akhir pekan yang panjang, apa nih kegiatan yang dilakukan? Apakah pergi berlibur ke luar kota, main ke tempat wisata di dalam kota, atau hanya sekedar di rumah saja.

Mengisi akhir pekan yang panjang di rumah saja tidak jarang membuat kita maupun anak-anak jadi bosan. Tak hanya bosan, ini juga menjadikan kita kurang punya cerita menarik saat libur panjang tiba. Selain kita yang tak punya cerita, anak-anak pun akan merasa akhir pekannya kurang menyenangkan.

Well Mom, agar buah hati punya cerita akhir pekan yang menyenangkan dan tidak bosan meski ia di rumah saja dan tidak liburan atau pun pergi ke luar kota, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di rumah bersama orang tua. Aktivitas tersebut antara lain sebagai berikut.

    Belajar Memasak

    Ajaklah buah hati untuk belajar memasak atau membuat masakan kesukaan mereka. Selain belajar memasak, buah hati juga bisa diajak membuat kue dan camilan yang sehat. Mom, ajak juga buah hati belanja kebutuhan di minimarket atau pasar terdekat ya. Selain menyenangkan, aktivitas ini juga menambah wawasan mereka mengenai bahan makanan, tempat perbelanjaan hingga bagaimana cara bersosialisasi dengan pedagang.

    Merapikan Rumah

    Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan bersama buah hati di akhir pekan yang panjang adalah merapikan rumah. Mulailah dengan acara merapikan kamar dan mempercantik kamar anak. Mom bis mengajak anak mengecat tembok kamar anak dan merapikan barang-barang yang ada di kamarnya. Setelah itu, ajak anak untuk merapikan rumah secara keseluruhan. Tapi ingat, usahakan agar merapikan benda-benda di rumah yang ringan dan tidak membuat anak lelah.

    Bertanam atau Mempercantik Taman

    Bertanam adalah aktivitas yang tak hanya menyenangkan dan menghilangkan rasa bosan, lebih jauh, ini bakal buat anak lebih berwawasan luas mengenai tanaman. Anak-anak juga akan merasa bahagia ketika mengetahui tanaman yang mereka tanam tumbuh subur, cantik dan terawat.

    Membenahi Sepeda atau Barang Milik Anak yang Rusak

    Jika ada barang milik anak yang rusak, jangan langsung membuangnya Mom. Usahakan untuk menyimpannya lebih dulu dan membenahinya bersama anak saat anak sedang libur panjang. Selain mengasah kemampuannya untuk membenahi barang miliknya, aktivitas ini juga bisa bikin dia makin kreatif dan nyaman mengisi hari libur dengan kegiatan yang positif.


Itulah beberapa aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengisi hari libur atau weekend yang panjang. Aktivitas yang sangat sederhana dan mudah bukan? Kalau Mom punya inspirasi aktivitas lainnya, jangan lupa untuk share di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading