Sukses

Parenting

Dear Moms, Keterampilan Sosial Ini Lho yang Dibutuhkan Anak

Moms, pastinya kita ingin memiliki anak yang tumbuh dengan sehat, cerdas, dan percaya diri. Tentunya dalam mendukung tumbuh kembang yang optimal, orang tua perlu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Tak hanya itu saja, kita juga perlu mengasah keterampilan sosialnya dengan memberikan stimulasi yang tepat.

Orang tua, khususnya dari kita sebagai ibu sebaiknya berperan aktif mendorong si kecil tumbuh menjadi pribadi yang memiliki rasa percaya diri sehingga mampu bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya. Seperti halnya yang disampaikan oleh psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, M.Psi, Psi ini. Dalam masa tumbuh kembang anak, orang tua harus memperhatikan keselarasan lima hal penting, yaitu aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi dan keterampilan sosial.

Penting bagi anak memiliki keterampilan sosial karena dengan begitu anak akan lebih mudah diterima oleh siapapun di lingkungannya, lebih mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain, mampu mengasah berbagai keterampilan hidup, membantu mengurangi kesulitan di sekolah dan tentunya membuat anak lebih semangat bersekolah sehingga prestasinya lebih optimal. Secara keseluruhan anak mampu menikmati hidupnya dan merasa lebih bahagia.

“Ada beberapa keterampilan sosial yang perlu dikuasai oleh anak, seperti berteman dan bekerjasama, menyelesaikan pertengkaran, peduli terhadap yang sakit atau kekurangan, marah tanpa mengganggu orang lain, sabar menunggu (mengantri) dan mengikuti aturan," ungkap Anna saat ditemui di Jakarta.

Melalui permainan, anak-anak dapat mempelajari dan mengenal beberapa keterampilan sosial tersebut, bergantian dan mengantri ketika menaiki flying fox mini. Hal ini akan mengenalkan anak pada kesabaran menunggu dan budaya antri.

Keterampilan sosial memiliki kaitan erat dengan pemenuhan nutrisi yang tepat dan lengkap karena status nutrisi memiliki hubungan dengan perkembangan sosio-emosional anak dalam masa tumbuh kembang.

Anna menambahkan, menjadi anak yang sehat merupakan landasan utama seorang anak bisa memiliki keterampilan sosial yang baik, karena akan membuat perkembangan psikologinya baik pula. Dengan tubuh yang sehat karena kecukupan nutrisi yang baik, ia menjadi anak yang lebih tahan menghadapi stres, dan lebih mampu meregulasi emosinya, lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya dan menjadi anak yang lebih mudah bergaul di kemudian hari.

Yuk, Moms kita lebih berperan aktif dalam mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati tercinta.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading