Sukses

Parenting

Stop Menganggap Anak Laki-Laki Pantang Menangis

Banyak orangtua yang menganggap bahwa anak laki-laki tidak boleh menangis. Laki-laki yang menangis seringkali dianggap seperti anak perempuan, nyatanya tidak ada hubungannya sifat maskulin dengan menangis. Melarang anak laki-laki menangis justru tidak baik untuk perkembangan psikis anak. Nyatanya, seorang anak laki-laki pun butuh untuk mengungkapkan perasaannya dengan menangis.

Menganggap anak laki-laki tidak pantas untuk menangis adalah ajaran yang salah. Sama seperti anak perempuan anak laki-laki juga memiliki sisi emosional yang perlu diungkapkan. Jika sejak kecil, anak laki-laki dilarang untuk menangis maka saat dewasa ia akan sulit mengungkapkan perasaannya. Kebiasaan ini dapat memicu depresi kelak.

Didik anak laki-laki dengan memberi pengertian bahwa menangis bukanlah hal yang tabu. Beri pemahaman jika sifat laki-laki sejati bukan dilihat dari ia pernah menangis atau tidak tapi dari hal lain. Berikan pemahaman jika laki-laki yang sejati adalah mampu bertanggung jawab, peduli dan melindungi perempuan. Pemahaman yang tepat akan membuat segalanya menjadi lebih mudah.

Pemahaman tentang sifat laki-laki sejati secara benar dapat mengurangi perilaku kekerasan. Saat si kecil menangis jangan menyebutnya cengeng, justru hal ini akan membuatnya merasa rendah diri. Luangkan waktu untuk mendengar cerita si kecil. Buat ia merasa nyaman dengan mendengarkan semua ceritanya. Hindari terlalu banyak bertanya dan memberi banyak saran karena justru akan membuat ia merasa tertekan.

Saat ia sudah diberi kesempatan untuk bercerita maka ia akan merasa lebih nyaman. Hal ini akan melatih si anak untuk mau bercerita kepada orangtua. Hal ini akan membatu dia dalam memecahkan masalah.

Baca Juga: Kamu Tak Harus Menggurui, Ini 4 Tips Mendidik Anak Jadi Baik

Menjadi orangtua memang tidak mudah, maka terus belajar akan membuat segalanya berjalan lebih mudah. Tetap tenang, dan yakinkan dirimu dan si kecil bahwa menangis tetap akan membuatnya menjadi laki-laki yang sejati. Selamat hari ini dan semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading