Sukses

Parenting

Mengajarkan Anak Puasa Pertama Kalinya? Ini Cara Membiasakannya

Bulan Ramadan akan jadi pembelajaran baru bagi anak, bukan hanya tentang agama tapi juga tentang pengendalian diri dan kesabaran. Tapi sebagai orangtua, bagaimana cara mengenalkan dan mengajarkan anak untuk pertama kali? Ini pasti ada di benakmu kan Moms?

1. Ajak anak puasa

Kamu sudah bisa mengajarkan anak puasa sejak usia 5-6 tahun. Pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengajaknya lebih dulu untuk puasa, tidak perlu dipaksa. Ia akan penasaran apa itu puasa, dari sini Moms bisa menjelaskan seperti apa itu puasa dan mengapa kita perlu melakukannya.

2. Ajak anak menyiapkan makanan favoritnya

Baik saat berbuka maupun sahur, coba masak makanan yang disukai anak agar ia bersemangat melakukan puasa.

3. Jauhkan dan menyembunyikan semua makanan dan minuman dari pandangan

Anak-anak akan sangat mudah tergoda ketika ada makanan dan minuman di depannya, bahkan mencium aroma makanan sudah mampu membuat mereka menyerah puasa. Nah, untuk mengatasinya, kamu harus bisa menciptakan suasana puasa. Seperti misalnya tidak memasak jika belum mendekati waktu berbuka, tidak mengajak anak ke tempat-tempat ia akan melihat makanan.

4. Mengingatkan anak untuk tidak beraktivitas menguras tenaga

Anak-anak biasanya suka bermain dan berlarian, ingatkan bahwa ia akan cepat lelah dan membuat puasanya batal. Untuk membuatnya tetap aktif dan tidak bosan, gantikan dengan aktivitas seperti membaca, mewarnai dan main game.

5. Biarkan anak tidur siang

Ketika anak tidur siang, tidak akan terasa puasanya. Cara ini membantunya tetap bisa menjalani puasa seharian. Dan pastinya mudah membuat anak mengantuk di siang hari, apalagi jika ia ikut bangun saat sahur.

6. Puji keberhasilannya

Tidak perlu selalu menghadiahinya dengan barang, cukup dengan pujian yang tulus. Ini akan membuatnya bersemangat untuk menjalani tantangan puasa esok harinya.

Itu dia sekian cara yang bisa kamu lakukan saat mengajarkan anak tentang puasa pertam kali. Ingat juga untuk tidak memaksa saat anak memang tidak kuat puasa seharian ya, namanya juga masih latihan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading