Sukses

Parenting

Lemak Berlebih Pasca Melahirkan Bisa Hilang dengan Teknik Ini

Setelah bersalin atau melahirkan, bentuk tubuh akan berubah. Kebanyakan tubuh akan lebih gemuk dengan lemak yang berlebih. Kondisi yang wajar itu disebut post-baby bump.

Dr. Riccawati Santoso dari Jakarta Aesthetic Clinic, menjelaskan bawah selama kehamilan, terjadi penimbunan lemak di beberapa bagian tubuh perempuan, terutama perut. Tentu, berat badan yang semakin bertambah membuat para calon ibu ini khawatir akan penampilannya.

"Tubuh setelah kehamilan membutuhkan penyesuaian, mungkin akan turun 5-6 kg, tapi tetap akan ada sisa tempelan-tempelan lemak. Ini akan menetap dan mengganggu penampilan," ujar dr. Riccawati dalam acara Friendship and Beauty yang diadakan Jakarta Aesthetic Clinic, Jakarta Selatan.

Post-baby bump ini ditandai dengan terlihatnya penimbunan yang melebar di bawah bagian perut, tidak rata, terlihat menggantung, biasanya juga disertai kekenduran kulit, selulit dan stetch mark.

Post-Baby Bump. | Copyright: babycentre.co.uk

Dr. Riccawati kemudian menambahkan bahwa melakukan diet seimbang dan olahraga teratur tidak begitu efektif untuk menghilangkan penimbunan lemak pasca melahirkan. Hal ini terjadi karena lemak-lemak tersebut berada di bawah kulit atau yang disebut lemak luar.

Diet seimbang dan olahraga teraturĀ  memang menyehatkan, namun hanya bermanfaat untuk menghilangkan lemak dalam yang menempel pada beberapa organ saja.

"Diet dan olahraga, yang hilang adalah lemak dalam dulu, jadi pipi keburu cekung, badan kecil, tapi lemak di perut masih. Karena post-baby bump adalah lemak di bawah kulit, jadi dia adalah lemak yang akan hilang terakhir," tambahnya.

Lalu bagaimana cara efektif untuk menghilangkan post-baby bump dan memiliki bentuk tubuh kembali normal? Dr. Ricca menyarankan untuk melakukan sebuah treatment yang dinamakan CoolSculpting.

Apa itu CoolSculpting? Ialah sebuah teknik membentuk dan mengembalikan tubuh ke bentuk normal, sesuai dengan kecil atau besarnya bagian tubuh perempuan setelah melahirkan. Sehingga hasilnya akan terlihat lebih natural.

Perawatan ini akan langsung bekerja pada lemak di bawa kulit, di mana lemak akan dikristalisasi atau dibekukan dengan sebuah alat seperti vacuum dengan suhu -11 derajat.

"Setelah lemak di-vacuum selama 30-45 menit, lemak dibekukan. Lemak tidak tahan terhadap dingin, perlahan-lahan dia akan mati. 1-3 bulan kita akan melihat perubahan area yang disusutkan," paparnya.

Manfaat lainnya dari perawatan ini ialah, kulit tidak akan kendur karena bekerja mengeluarkannya perlahan-lahan. Lemak akan hilang melalui urin dan keringat selama 1-3 bulan, sehingga kulit dan tubuh dapat beradaptasi.

"Bagi yang pernah operasi perut, seperti caesar, sebaiknya setelah satu tahun baru lakukan treatment," pungkasnya.

Perawatan ini juga cocok bagi kamu yang inginĀ  menghilangkan lemak-lemak mengganggu di sekitar lengan, paha, pinggang bahkan double chins.

(vem/asp/nda)
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Mudah Atasi Morning Sickness bagi Ibu Hamil
Artikel Selanjutnya
Kisah Haru Perempuan yang Hidup dengan Fobia pada Kehamilan dan Kelahiran