Sukses

Parenting

Tips Mendidik Anak Autis untuk Temukan Kemampuan Terbaiknya

Memiliki anak yang menyandang autisme, kita sebagai orang tua butuh perjuangan ekstra untuk mengasuh dan mendidiknya. Bagaimana pun setiap anak itu istimewa. Tugas kita juga lah untuk membantunya menemukan bakat dan kemampuan terbaik yang mereka miliki.

Tak bisa dipungkiri bahwa mendidik anak autis itu jadi tantangan tersendiri. Sebab meskipun lambat, anak autis tetap bisa dilatih untuk membaca, menulis, dan belajar. Ferina Widodo, selaku orang tua yang berhasil mendidik anak penyandang autisme membagikan tips dan caranya.

Hal pertama yang bisa dilakukan orangtua ialah banyaklah bersabar dan rajin menggali pengetahuan bagaimana mengajari anak autis. "Kita harus selalu intens mendampingi dan mengarahkan, jangan membandingkan dengan anak lainnya," ujar mantan pemain Lenong Rumpi tersebut saat ditemui di Jakarta.

Selain itu, Ferina menambahkan untuk terus menggali kemampuan anak, lalu arahkan minat si anak.

"Sebagai orang tua harus menerima bagaimana anak berkembang. Jadilah orangtua cerdas bukan menghindar, menggali kemampuan anak, pasti ada kemampuan yang dimiliki," tambahnya.

Selain itu, jangan ubah jadwal atau rutinitas sebab anak dengan autisme lebih menyukai kebiasaan yang sama. Dalam memilih gaya belajar saat berperan sebagai guru atau orangtua, Moms juga perlu mencari tahu metode mana yang membantu anak untuk fokus pada apa yang diajarkan.

Penting juga untuk menggunakan bahasa sederhana dengan objek menarik di dalam kegiatan belajar. Serta ajarkan mengetik di komputer sebab membantu anak belajar lebih cepat tanpa merasa kecewa saat melihat hasil tulisan mereka.

Itu tadi sejumlah tips yang bisa dicoba untuk membantu anak penyandang autisme untuk menemukan bakat dan kemampuan terbaiknya. Semoga bermanfaat, Moms.

(vem/asp/nda)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan Sampaikan Kabar Baik, Jakarta 0 Kematian Akibat Covid-19 Selama 24 Jam
Artikel Selanjutnya
Hari ini, 1.509 Sekolah di DKI Jakarta Gelar PTM Terbatas