Sukses

Parenting

Rasa Percaya Diri Ibu Turun Drastis Saat Anak Capai Usia Ini...

Sebagai wanita, peran sebagai ibu pasti menjadi pengalaman menarik tersendiri. Terkadang, wanita sebagai ibu pun punya banyak hal yang membuatnya stres karena mengurus anak, suami dan rumah. Dan ternyata, hal ini bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri kamu lho.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology meneliti tentang peran wanita sebagai ibu dan hubungannya dengan kepercayaan diri. Penelitian yang dipimpin psikolog Wiebke Bleidorn ini meminta 85 ribu wanita hamil Norwegia mengisi kuisioner mengenai kehamilan mereka hingga beberapa tahun setelah anak lahir.

Ternyata, diketahui bahwa tingkat kepercayaan diri wanita menurun saat masa kehamilan, kemudian naik lagi setelah melahirkan hingga 6 bulan setelah anak mereka lahir, dan menurun drastis ketika anak mencapai usia 3 tahun.

Peneliti menjelaskan bahwa naik turunnya tingkat kepercayaan diri wanita sebagai ibu bisa dipicu beberapa hal, yaitu ketakutan saat melahirkan, kekhawatiran akan kesehatan dan pertumbuhan bayi, masalah bentuk tubuh, serta tantangan yang datang bersamaan seiring pertumbuhan anak jadi balita.

Wanita seringkali cemas apakah ia bisa jadi ibu yang baik untuk anak-anaknya. Apakah bisa mendidik dan memberikan input positif untuk bekal anak di masa depan? Dan lain sebagainya. Inilah yang membuat banyak wanita (sebagai ibu) mengalami stres dan minder luar biasa.

Punya anak memang luar biasa, namun jangan biarkan kepercayaan dirimu terjun bebas juga ya! Yakinlah, bahwa sebagai ibu pun kamu juga mengalami proses belajar. Tidak ada ibu yang sempurna, dan justru karena itulah kamu luar biasa. So, be confident, Moms!

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading