Sukses

Parenting

Si Kecil Banyak Tugas Sekolah, Bolehkah Mom Membantunya?

Seringkali anak dibebani tugas sekolah yang banyak. Rasanya gemas dan ingin membantu untuk mengerjakan. Tidak tega melihat anak banyak tugas seringkali menjadi alasan mom untuk membantu anak untuk mengerjakan tugas sekolahnya. Tidak jarang hampir semua tugas sekolah anak, justru mom yang mengerjakan. Hmm, sebenarnya yang sekolah anak atau mom?

Well, membantu anak dalam mengerjakan tugas tidak ada salahnya. Tapi bukan berarti mom harus menyelesaikan semuanya tanpa memberi kesempatan anak untuk mengerjakannya. Nah, apa yang harus mom lakukan saat si kecil meminta bantuan untuk mengerjakan tugas sekolahnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Dampingi Si Kecil

Saat anak meminta bantuan untuk mengerjakan tugas sekolahnya, maka yang perlu mom lakukan adalah mendampinginya. Buat ia nyaman saat mengerjakan tugas. Keberadaan mom di sampingnya akan membuat ia merasa nyaman dan diperhatikan.

Percayalah dengan kemampuannya. Dampingi setiap proses yang ia lalui. Yakini bahwa proses jauh lebih penting daripada sekadar hasil. Maka mendampingi ia dalam berproses akan membuatnya merasa berharga.

Cukup dampingi saat si kecil menginginkan bantuan saat mengerjakan tugas sekolah / copyright pexels.com

Kolaborasi Mom dan Si Kecil

Tidak ada tugas yang benar-benar sulit. Maka yang perlu mom lakukan adalah biarkan anak untuk mengerjakan tugas yang dapat ia kerjakan. Mom cukup melihatnya, jika memang ia kesulitan bantu ia. Setelahnya biarkan ia melanjutkan untuk menyelesaikan tugasnya sendiri.

Berikan ide-ide dalam mengerjakan tugas, dan biarkan si kecil yang menyelesaikannya. Jangan lupa untuk memberikan pujian padanya saat ia berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Apresiasi yang Dikerjakan Si Kecil

Untuk tugas sekolah yang berupa karya seni, biasanya akan dikembalikan kepada siswa. Tidak ada salahnya jika tugas tersebut dipajang di rumah. Tunjukkan jika usahanya tidak sia-sia dan biarkan ia merasa dihargai.

Mom, bantu si kecil mengembangkan potensinya dan bantu ia untuk mandiri. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading