Sukses

Parenting

Mengenalkan Makanan Padat ke Bayi? Ini 8 Makanan Terbaik yang Bisa Dipilih

Pada perkembangannya, bayi mulai harus dikenalkan makanan padat pertamanya, apalagi jika sudah mulai tumbuh gigi. Jika si kecil sudah memasuki masa pengenalan makanan padat, Moms harus tahu makanan apa saja yang tepat untuk si kecil.

Berikut ini beberapa makanan terbaik yang bisa kamu pilih sebagai makanan pertama bayi.

1. Pisang

Buah pisang punya tekstur yang cukup lembut untuk mulut bayi, bahkan jika si kecil belum tumbuh gigi, buah pisang mudah digigit dan dicerna. Pisang juga punya kandungan nutrisi tinggi, rasanya yang manis juga pasti disukai si kecil.

Pisang punya tekstur lembut sebagai makanan padat pertama/copyright Pexels.com

2. Alpukat

Tidak hanya tinggi nutrisi, tekstur alpukat juga lembut di mulut. Alpukat juga punya rasa yang cukup netral, sangat baik sebagai makanan padat pertama untuk melatih indera perasa si kecil yang belum terbiasa dengan rasa yang terlalu kuat.

3. Wortel rebus

Sayuran dengan serat yang halus ini cukup mudah dicerna jika direbus, karena teksturnya jadi empuk. Wortel bisa dipotong kecil-kecil dan agak dihancurkan sehingga memudahkan anak.

4. Kentang atau labu kukus

Selagi masih hangat, kentang yang direbus atau dikukus bisa dihancurkan dan jadi makanan padat. Tekstur kentang juga mudah ditelan bayi, juga tinggi nutrisi sehingga sangat baik sebagai makanan padat pertama.

Tahu cocok sebagai makanan padat pertama bayi/copyright Thinkstockphotos.com

5. Tahu

Tahu tinggi protein dan tentunya tekstur tahu sangat mudah dicerna anak. Bisa disajikan begitu saja atau sedikit dibumbui untuk melatih indera perasa anak.

6. Pepaya

Buah pepaya juga tinggi nutrisi dan tidak masalah menjadi makanan padat bayi. Pastikan buah pepaya cukup matang dan teksturnya sudah empuk sehingga mudah dicerna bayi.

7. Ikan

Moms juga bisa memberikan daging ikan yang sudah disuwir lembut sebagai makanan padat pertama. Ikan yang bisa dipilih seperti tuna, mujair, atau patin yang seratnya tidak terlalu banyak dan mudah dicerna.

8. Biskuit

Ada banyak pilihan biskuit yang mudah larut dan hancur untuk makanan pertama anak. Biskuit untuk bayi juga sudah dikemas dengan nutrisi yang lengkap sehingga sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Itu beberapa makanan padat dan perlu dipilih sebagai makanan padat pertama bayi. Moms bisa memilih makanan-makanan di atas sebagai menu harian mengenalkan makanan padat buat si kecil.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading