Sukses

Parenting

6 Hal yang Bisa Menjadi Pemicu Masalah saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Ketika hamil, ada banyak kondisi kesehatan yang pelu diperhatikan. Terkadang, beberapa hal yang sensitif dan bisa jadi masalah serius ketika hamil. Oleh karena itu lebih baik jangan mengabaikna hal-hal kecil yang berpotensi jadi masalah selama kehamilan.

Dilansir dari Healthline, beberapa risiko tinggi yang bisa muncul selama kehamilan akan menimbulkan kompilkasi yang membahayakan kesehatan ibu dan janin, seperti berikut ini.

  • Usia terlalu muda
  • Berusia lebih dari 35 tahun
  • Kelebihan berat badan (terlalu gemuk)
  • Kekurangan berat badan (terlalu kurus)
  • Punya tekanan darah tinggi, diabetes, HIV, kanker, atau penyakit autoimun
  • Hamil anak kembar dua atau lebih

Ibu yang ingin hamil memang lebih baik jika memasuki usia produktif yang matang, seperti mislanya di usia 20-an tahun. Usia ini dianggap lebih ideal untuk hamil. Begitu juga dengan batas usia maksimal untuk hamil, akan lebih baik jika tak lebih dari 35 tahun karena risiko keguguran akan lebih besar.

Berat badan juga perlu diperhatikan, akan lebih baik jika tidak bertambah gemuk selama hamil atau justru menurunkan berat badan lebih dulu sebelum hamil karena kegemukan tak baik untuk perkembangan sehat janin.

Dan ternyata hamil kembar dua ataupun lebih juga berisiko tinggi bagi bumil untuk mengalami masalah kesehatan. Secara umum, karena yang ada di dalam perut ada dua, maka risikonya juga dobel.

Loading
Artikel Selanjutnya
Berjerawat saat Hamil? Ini 5 Bahan Alami untuk Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
Alasan Bumil Tak Perlu Makan Dua Kali Lipat selama Hamil