Sukses

Parenting

Bolehkah Ibu Hamil Traveling saat Hamil Tua?

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia kehamilan trimester ketiga, tentunya tubuh akan lebih berat karena perut makin membesar. Secara umum, bumil harus mengurangi banyak kegiatan yang menguras tenaga dan membutuhkan banyak pergerakan. Tapi bagaimana jika ibu hamil harus bepergian? Apakah tidak boleh melakukan traveling jika hamil tua?

Dilansir dari Healthline, ketika hamil dan ingin bepergian, ada beberapa risiko kesehatan dan bahaya yang akan meningkat jika memaksakan bepergian, beberapa di antaranya

  • meningkatnya risiko pembekuan darah karena duduk lama
  • paparan infeksi
  • keguguran tak terduga
  • komplikasi kehamilan

Oleh karena itu, akan lebih baik jika jangan bepergian jauh dulu untuk ibu hamil trimester ketiga.

Disarankan untruk menghindari traveling atau perjalanan jauh menggunakan mobil, busa dan pesawat terbang. Umumnya, dokter juga akan mencegah ibu hamil tua untuk traveling di usia kandungan 32-34 minggu, karena risiko melahirkan prematur akan lebih besar.

Kalaupun benar-benar harus bepergian, usahakan mendapat tempat duduk yang memperbolehkanmu meluruskan kaki selama perjalanan atau memperbolehkan jalan-jalan setiap 1-2 jam sekali dalam perjalanan.

Bagi banyak orang, kehamilan trimester ketiga bisa jadi menengangkan, dan demi keselamatan diri sendiri serta bayi, sebisa mungkin jika menghindari bepergian jauh dulu ya Moms.

Artikel Selanjutnya
Minuman Jus Jeruk Madu Bantu Redakan Morning Sickness
Artikel Selanjutnya
Bahaya Merkuri dan Tips Menghindarinya selama Hamil
: