Sukses

Parenting

Anak Ketahuan Bohong Karena Tak Puasa, Jangan Langsung Memarahinya Mom

Tak terasa hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke enam puasa Ramadan. Selain orang dewasa yang diwajibkan atas kewajiban puasa, anak-anak pun disarankan untuk mulai berpuasa. Memang, anak-anak tidak diwajibkan berpuasa jika memang mereka belum baligh atau kuat menjalankannya selama sehari penuh. Hanya saja, mereka perlu dibimbing dan dibina serta dilatih untuk berpuasa sejak usianya sedini mungkin.

Profesor psikologi di Ayn Shams School of Medicine, Dr. Hiba Isawi mengungkapkan bahwa mengajarkan anak berpuasa adalah tanggung jawab orang tua. Ajarkan puasa kepada anak secara perlahan dan latih mereka dengan penuh kesabaran. Kalau pun suatu hari mom menemukan anak tidak berpuasa di belakang mom, jangan langsung memarahi apalagi menghukumnya.

Hindari memarahi anak saat menemukan mereka ketahuan bohong karena tak puasa. Memarahi anak dan menuduhnya serta memakinya apalagi memukulnya justru akan membuat psikis anak terluka. Ini juga akan membuatnya semakin benci dengan aktivitas puasa yang suatu saatnya nanti menjadi kewajibannya sebagai umat muslim.

Nasehati anak dengan perkataan yang halus, sabar dan penuh pengertian. Tanyakan pada anak kenapa ia meninggalkan puasa dan mintalah ia untuk jujur karena tak puasa. Cari tahu penyebab kenapa anak sampai tidak puasa dan cari cara bersama-sama agar penyebab tersebut bisa diatasi dengan baik. Sebagai orang tua, pintar-pintarlah dalam menyemangati dan membujuk anak agar kuat puasa hingga maghrib, jujur dan tidak bermain terlalu lelah hingga membuatnya batal puasa.

Ketika anak telah berhasil puasa selama sehari penuh dan berkala, berikan pujian untuknya. Jangan segan untuk memujinya di depan anggota keluarga lain agar ia merasa bangga dan merasa bahwa usahanya tidak sia-sia. Meski memberi pujian, usahakan agar pujian ini tidak membuatnya sombong dan nasehati anak bahwa melakukan puasa bukan karena sebuah pujian melainkan murni menjalankan perintah agama.

Jadi mom, hindari memarahi anak karena ketahuan tidak puasa. Nasehati saja dengan nada halus dan penuh pengertian. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber: Liputan6.com

(vem/mim)
;
Loading